Mahasiswa KESMAS belajar Politik ?

Haruskah mahasiswa Kesehatan masyarakat belajar politik ?

Pertanyaan ini sempat terlontar dari salah satu mahasiswa semester 6 ketika menerima materi kuliah tentang Politik Kesehatan. Apa kaitan politik dengan kesehatan ? apakah kesehatan bagian dari politik ? atau apakah politik juga mencakup tentang kesehatan ? mungkin sebagian dari kita merasa kurang nyaman mendengar yang namanya “politik”, sebab kata orang politik itu penuh sandiwara, hari ini berkata A, besok jadi B, besoknya lagi bisa berbeda. Image politik semakin berkonotasi buruk seiring apa yang dilakonkan para politikus negeri ini. Padahal mengacu dari teori yang dikemukakan oleh Aristoteles, bahwa “Politik adalah usaha yang ditempuh warga negara untuk mewujudkan kebaikan bersama”. Tetapi yang terjadi saat ini ? teori dan kajian-kajiannya tentu tidak semudah itu untuk dipraktekkan pada kenyataannya.

Yang menjadi pertanyaan disini, apakah ada kaitan politik dengan disiplin ilmu yang kita tekuni saat ini, yaitu Ilmu Kesehatan Masyarakat ?? Jawabannya tentu saja ada !!!

Kesehatan Masyarakat itu sendiri tidak hanya terpaku pada aspek Preventif dan Promotif, tidak hanya sekedar kita mempelajari jenis-jenis penyakit yang ada di masyarakat serta cara-cara pencegahannya (Bid.Minat Epidemiologi), bagaimana meningkatkan status gizi masyarakat (Bid.Minat Gizi), menyangkut sanitasi dan higyene lingkungan (Bid.Minat Kesling), optimalisasi Kesehatan dan Keselamatan di tempat kerja (Bid.Minat Kesker) atau lain sebagainya.

Kesehatan masyarakat sangatlah luas cakupannya, termasuk berbagai macam kegiatan yang terjadi menyangkut pengambilan keputusan yang secara langsung berkaitan dengan sektor politik. Perencanaan kesehatan merupakan proses dimana aktor yang berperan didalamnya adalah pemerintah melalui Kementrian Kesehatan di tingkat pusat maupun dinas-dinas kesehatan propinsi dan kabupaten/kota di daerah.

Pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan kesehatan masyarakat setinggi-tingginya. dimana upaya-upaya yang dilakukan dalam hal ini di tingkat pusat adalah dengan membuat kebijakan-kebijakan melalui menteri kesehatan lalu kemudian kebijakan tersebut disampaikan kepada presiden.

Misalnya dalam penetapan anggaran kesehatan (yang hanya 2% dari APBN itu), menteri kesehatan mengajukan rancangan anggaran kepada presiden yang kemudian dibahas bersama lembaga politik yang bernama Dewan Perwakilan Rakyat, karena dalam penetapan Anggaran Belanja Negara DPR mempunyai wewenang dalam menyetujui maupun menolak terhadap rancangan yang diajukan tersebut.

Sama halnya dengan program-program kesehatan seperti Jamkesmas, Jamkesda, Jampersal maupun Keluarga Berencana (KB). Itu semua merupakan hasil dari serangkaian proses yang melibatkan pemerintah. Dimana ada pemerintah tentunya disitu ada politik, dimana ada politik disitu ada yang namanya kepentingan !!!

Jadi dapat disimpulkan bahwa betapa pentingnya kita Mahasiswa Kesehatan Masyarakat mempelajari Politik, sebab politik itu sendiri sangat mempengaruhi sektor kesehatan, salah satunya dalam penetapan kebijakan seperti yang sudah kita bahas tadi. Bahkan ada juga yang namanya Politik Pangan (sempat disinggung oleh salah satu dosen) tapi sayangnya belum bisa kita dapatkan materi kuliahnya di FKM Unsrat.

Termasuk salah satu yang terpenting adalah bagaimana kita para kader Kesehatan Masyarakat mampu mengadvokasi lembaga-lembaga politik dalam hal ini eksekutif maupun legislatif agar dapat berpihak pada kepentingan-kepentingan kesehatan menuju masyarakat Indonesia yang sehat.

So,. Masihkah anda alergi dengan politik ??? selagi orientasinya pada kepentingan orang banyak, dan berada pada jalur-jalur yang benar, silahkan… tidak ada salahnya orang Kesmas berpolitik. Hehe..

(Liberty M.Rumagit/www.bem.fkmunsrat.ac.id)

Advertisements

2 thoughts on “Mahasiswa KESMAS belajar Politik ?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s