Pemisahan Sampah (Die Mülltrennung)

Sampah telah menjadi masalah klasik bagi setiap Negara karena berkaitan dengan kondisi lingkungan Negara itu sendiri. Pembuangan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan mengakibatkan masalah besar seperti penumpukan sampah. Apabila membuangnya sembarangan ke kawasan terbuka akan mengakibatkan pencemaran. Demikian juga sampah yang dibakar akan mengakibatkan pencemaran udara, pembuangan sampah ke sungai akan mengakibatkan pencemaran air.

Di Indonesia, masalah sampah juga merupakan masalah yang tidak mudah diselesaikan. Semakin banyaknya sampah yang dihasilkan masyarakat, kurangnya tempat sebagai pembuangan sampah, semakin berkurangnya kapasitas tampung TPA, dan pengelolaan akhir sampah yang tidak ramah lingkungan.

Sangat berbeda dengan di Jerman. Pemerintah Federal Jerman sejak tahun 1991 mengeluarkan peraturan tentang pemisahan sampah menurut jenisnya. Hal ini juga didukung oleh kesadaran masyarakatnya untuk mengelola sampah mulai dari lingkungan terkecil.

Setiap orang wajib memisahkan setiap sampah secara langsung, untuk itu setiap rumah harus memiliki tempat pembuangan sampah yang dipisah sesuai jenisnya. Pada umumnya tempat sampah rumah tangga terdiri dari kuning untuk sampah kemasan, biru untuk sampah kertas, cokelat/hijau untuk sampah kompos, dan hitam/abu-abu untuk sampah sisa dapur.

Adapun tempat pembuangan sampah pada tingkatan yang lebih tinggi misalnya untuk satu kawasan perumahan atau wohnung juga disediakan tempat sampah untuk jenis pakaian bekas, sepatu bekas, kaleng, elektronik, botol (kaca), dll. Jenis sampah kaca sendiri dibedakan menurut warna kaca yaitu putih/bening, hijau, dan cokelat. Tapi ingat, untuk botol plastik bekas air minum bisa dikembalikan di Supermarket. Baca : Menukar botol plastik bekas jadi uang (Pfandflasche)

Begitu juga di perkantoran, pertokoan, sekolah, fasilitas umum, dan tempat-tempat lainnya di Jerman sudah pasti disediakan tempat sampah yang dipisah sesuai jenis. So, jika berada di Jerman jangan sekali-kali membuang sampah sembarangan, dan jangan sampai salah memasukkan sampah… hehe

Semoga tahun-tahun kedepan hal ini bisa diterapkan di Indonesia.

Kehidupan di Jerman

Tempat pembuangan sampah di rumah (Hausmüll)

Kehidupan di Jerman

Tempat pembuangan sampah dengan kapasitas yang lebih besar untuk kompleks perumahan atau apartemen

Kehidupan di Jerman

Tempat sampah jenis pakaian bekas (paling kiri) dan pemisahan sampah botol/kaca sesuai warna

Kehidupan di Jerman

Terdapat keterangan jenis sampah dan tempatnya : Restmüll (sampah sisa), Verpackung (bungkusan), Glas (kaca), Papier(kertas)

Kehidupan di Jerman

Tempat sampah di Hauptbahnhof

Advertisements

One thought on “Pemisahan Sampah (Die Mülltrennung)

  1. Pingback: Menukar botol plastik bekas jadi uang (Pfandflasche) | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s