Belanja di Jerman (1) Supermarket

Tempat belanja kebutuhan sehari-hari di Jerman adalah di Supermarket. Jarang ditemukan pasar tradisional yang buka setiap hari seperti di Indonesia. Biasanya pasar tradisional dibuka sekali seminggu, sekali dalam satu bulan atau sekali setiap awal musim. Itupun yang dijual hanya satu jenis tertentu seperti buah, sayur, daging, ikan, dll. Baca : Belanja di Jerman (2) Pasar Tradisional

Supermarket di Jerman memiliki jam buka tertentu dan biasanya berbeda di setiap kota masing-masing Negara bagian. Sebagai contoh di Kota tempat saya tinggal yaitu Hannover ibukota Negara bagian Niedersachsen, pada umumnya supermarket buka jam 07.00 sampai 22.00. Hal ini berbeda dengan jam buka supermarket di kota Neustadt a.d.Donau negara bagian Bayern yaitu jam 07.00 sampai 20.00. Sementara itu di kota-kota besar seperti Berlin dan München, jam buka supermarket bisa sampai jam 24.00.

Supermarket di jerman pada umumnya hanya berupa bangunan sederhana tidak bertingkat, berada terpisah dengan supermarket yang menjual kebutuhan sejenis. Harga-harga pada tiap supermarket cukup bersaing. Tidak jarang beberapa supermarket mengadakan promo banting harga seperti yang sering dilakukan Aldi Markt dan Lidl.

Untuk keperluan bahan makanan sehari-hari saya lebih sering belanja di Penny Markt karena harga cukup murah, lokasi yang menjangkau hingga ke kawasan-kawasan kecil. Menyangkut kebutuhan alat tulis kantor, sabun, dan kosmetik saya sarankan belanja di Rossman. Bagi anda yang lebih suka belanja mingguan atau bulanan dalam jumlah yang besar, Aldi Markt, Lidl, maupun Edeka sepertinya menjadi pilihan yang tepat.

Sangat disarankan sebelum belanja anda teliti melihat perbandingan harga yang ditawarkan masing-masih supermarket. Inilah beberapa contoh bentuk bangunan supermarket beserta logonya. silahkan klik untuk melihat daftar harga terbaru dan juga penawaran penawaran khusus yang mereka adakan. (Foto: Internet)

1. Aldi

Belanja di Jerman

2. Edeka

Belanja di Jerman

3. Lidl

Belanja di Jerman

4. Penny

Belanja di Jerman

5. Rossman

Belanja di Jerman

6. Real

Belanja di Jerman

7. Rewe

Belanja di Jerman

8. Müller

Belanja di Jerman

9. Netto

Belanja di Jerman

10. Media Markt

Belanja di Jerman

11. DM

Belanja di Jerman

Advertisements

5 thoughts on “Belanja di Jerman (1) Supermarket

  1. Pingback: Belanja di Jerman (2) Pasar Tradisional | Memorabilia

  2. Kalau menurutku sih harga barang2 di supermarket ga beda jauh ko. Pernah ada liputatnya di TV di survey beberapa supermarket. Dari belanjaan sekian puluh euro bedanya tipis banget hehe 😀 . Aku suka belanja di Rewe krn ada ngumpulin poin bisa ditukar produk tertentu, misalnya saat ini lg promo bisa tukar poin dg alat2 dapur keluaran WMF. Ke lidl kadang mampir klo ada diskonan yg saya taksir, ke DM beli susu, ke Rosmann iya murah utk bbrp produk. Muller asyik klo belanda dapat kupon diskon 3% utk belanja berikutnya 😉 .

    • Iya setuju mbak… harus jeli melihat promo-promo banting harga.. hehe. di penny dekat rumah aku juga pake ngumpulin punkte-punkte yang bisa ditukar barang-barang dapur… kalau ke Lidl dan Aldi nanti kalau lihat ada barang bagus di katalog… hahaha seru juga sih 😀

  3. Pingback: (Video) Kejutan Natal dari Edeka | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s