Mengenal lebih dekat aneka satwa di Museum Koenig Bonn

Ini adalah cerita jalan-jalan saya dan Marla di kota Bonn Jerman pada tanggal 10 Mei 2014 dan merupakan kali pertama kami menjelajah kota ini berdua.

Selayang pandang, Bonn adalah sebuah kota di tepian sungai Rhein di negara bagian Nordrhein Westfalen. Kota ini pernah menjadi ibukota Bundesrepublik Deutschland (BDR) atau dikenal dengan Jerman Barat sejak tahun 1949 sampai 1990 dan menjadi pusat pemerintahan resmi Jerman bersatu sejak tahun 1990 sampai 1999.

Meskipun sejak tahun 1990 ibukota Jerman dipindahkan ke Berlin, namun Bonn masih menjadi pusat administrasi dan politik. Kira-kira separuh fungsi pemerintah federal, banyak departemen pemerintah federal, dan beberapa lembaga pemerintah di bawah kementerian federal masih dipusatkan di Bonn. Kedutaan Besar Republik Indonesia yang saat ini berada di Berlin sebelumnya berkedudukan di Bonn, serta masih banyak lagi kantor perwakilan negara luar yang masih menetap di kota ini. Untuk itu sebagai penghormatan kepada bekas ibukota, Bonn menyandang status sebagai Kota Federal (Bundesstadt).

Secara umum kota ini terlihat biasa saja, sangat tenang, sejuk dengan pepohonan yang rindang, dan pusat kotanya tidak terlalu besar. Ya, kota Bonn memang difungsikan sebagai pusat pertemuan, konferensi, dan berbagai kegiatan internasional Jerman. Tidak heran di kota ini terdapat UN Campus (kampus PBB) dan 18 institusi PBB. Meskipun demikian, Bonn tetap memiliki lokasi-lokasi wisata yang tidak kalah dengan kota-kota lain di Jerman. Salah satunya yaitu Museum Koenig.

Jalan-jalan di Bonn

Museum Koenig Bonn

Nama lengkap Museum ini adalah The Alexander Koenig Research Museum (Forschungsmuseum Alexander König). Merupakan museum sejarah alam dan lembaga penelitian zoology di Jerman yang namanya diambil dari seorang yang menyumbangkan banyak specimen untuk koleksi museum ini yaitu Alexandre König. Kamipun berkesempatan mengunjungi museum ini di akhir pekan.

Dari Bonn Hauptbahnhof menuju tempat ini bisa menggunakan Straβen Bahn linie 16, 63, dan 67 jurusan Bad Godesberg Standhalle dan turun di Museum Koenig Haltestelle. Cukup berjalan beberapa menit kami sudah sampai di Museum dengan tampilan bangunan yang megah. Waktu buka museum Koenig adalah hari Selasa sampai Minggu jam 10.00-18.00 (pengunjung yang ingin masuk dibatasi sampai jam 17.00). Kecuali pada hari Rabu, jam buka lebih panjang yaitu sampai jam 21.00 (masuk terakhir jam 20.00). Museum ini tidak dibuka pada hari Senin dan hari-hari raya seperti Natal dan tahun baru.

Harga tiket masuk sebesar 5,00€ untuk regular dan 2,50€ untuk pelajar. Secara umum museum ini menampilkan kehidupan satwa dari seluruh dunia lengkap dengan suasana yang diatur semirip mungkin dengan aslinya. Penataan satwa ini dikelompokkan menurut benua asal seperti Asia, Afrika, Amerika, Australia, Eropa, juga kutub utara dan kutub selatan. Bahkan tak ketinggalan satwa legendaris seperti dinosaurus turut dipamerkan. Pengalaman yang berharga kami dapat selain menikmati jalan-jalan juga menambah pengetahuan tentang kehidupan alam bebas. Museum ini sangat direkomendasikan untuk menjadi tujuan anda jika mengunjungi kota Bonn.

Jalan-jalan di Bonn

Koleksi Museum Koenig yang ditata layaknya Padang savana

Jalan-jalan di Bonn

Saya dengan latar belakang padang Savana

Jalan-jalan di Bonn

Beberapa koleksi satwa di Museum Koenig

Marla dengan latar belakang anjing dalam berbagai jenis

Marla dengan latar belakang anjing dalam berbagai jenis

Jalan-jalan di Bonn

Satwa di musim dingin bersalju

Jalan-jalan di Bonn

Unta di Timur Tengah

Jalan-jalan di Bonn

Beruang kutub

Jalan-jalan di Bonn

Latar belakang rangka dinosaurus

Jalan-jalan di Bonn

Marla dan jerapah… hehehe

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s