Keindahan Alam dan Budaya Bavaria

Ini adalah cerita liburan saya bersama Gasfamilie di Bayern, salah satu negara bagian yang terletak di paling selatan Republik Federal Jerman. Tujuan utama kunjungan  ke Bayern sebenarnya untuk menghadiri pesta pernikahan anak mereka, dan sisanya jalan-jalan menikmati tempat-tempat wisata di daerah ini. Perjalanan menuju Bayern ditempuh menggunakan mobil selama kurang lebih 7 jam dari kota Hannover.

Bayern sendiri merupakan negara bagian dengan luas wilayah terbesar di Jerman dan berbatasan langsung dengan Austria dan Ceko. Bayern sering juga disebut Bavaria, dengan ibukota München yang jika ditinjau pada sejarahnya nama ini berarti Biara Kecil. Ja, seperti yang saya baca ternyata wilayah München, bahkan Bayern pada umumnya merupakan pusat kerajaan Katholik pada zaman dahulu. Tidak heran kalau banyak sekali peninggalan-peninggalan sejarah bernuansa Katholik.

liburan di bayern

Wilayah Bayern di bagian selatan Jerman

Pertama kali yang terlintas di pikiran saya tentang Bayern sudah pasti klub sepakbola Bayern München dan stadion kebanggan mereka Allianz Arena. Tapi sayang seribu sayang, tujuan kami hanya sampai di Kelheim yaitu salah satu Landkreis (semacam distrik) yang lumayan jauh dari kota München, katanya butuh 2 jam perjalanan menggunakan mobil. Hhhmm… tak apalah, kan Bayern bukan hanya München. Pasti masih banyak keindahan di kota-kota lain di sekitarnya – pikir saya seraya menghibur diri. Hehe, toh saya juga sebelumnya sudah pernah menginjakkan kaki di München selama tiga jam a.k.a Transit di bandara :p

Nah ya… sepanjang perjalanan memasuki wilayah Bayern, kami disuguhkan pemandangan indah dengan latar belakang perbukitan, hutan alami, juga sesekali menyeberang di jembatan yang melintasi sungai dan danau. Desa desa tradisional dengan bentuk rumah yang khas, persawahan, peternakan, bahkan bangunan bekas-bekas istana banyak terlihat sepanjang autobahn (jalan tol) yang kami lalui.

Liburan di Bayern

Pemandangan perbukitan sepanjang jalan menuju Bayern

Liburan di Bayern

Pemandangan unik : Kawanan domba yang melintas di tengah jalan

Singkat cerita sampailah kami di sebuah kota bernama Neustadt an der Donau, tempat kami akan menginap selama lima hari juga tempat dilaksanakannya pesta pernikahan tersebut. Kota ini terkenal sebagai salah satu penghasil Hopfen yaitu bahan utama pembuatan bir di Jerman. Kebetulan kami menginap di rumah salah satu anggota keluarga yang mempunyai peternakan, perkebunan bahkan pabrik bir dari Hopfen. Jadi saya beruntung bisa melihat langsung kebun hopfen, proses panen dan pengolahan tanaman legendaris ini.

Liburan di Bayern

Tempat penginapan di Neustadt an der Donau

Liburan di Bayern

Peternakan sapi

Liburan di Bayern

Tom dan anak-anak dari Gastfamilie di pabrik pembuatan bir hopfen

Hari pertama kami disibukkan dengan segala persiapan menjelang pesta pernikahan pada besok harinya. Jumat, 30 Mei 2014 merupakan hari yang berbahagia buat Florian dan Louisa. Mereka resmi diteguhkan sebagai pasangan suami istri di gedung Rathaus Neustadt an der Donau yang menjadi satu bangunan dengan gereja Katedral Katolik. Perayaan yang sangat kental dengan adat Bavarian. Perlu diketahui bahwa masyarakat Bayern sangat menjunjung tinggi budaya mereka. Hal ini dapat dilihat dari cara berbicara dan berpakaian.

Orang-orang disini mempunyai logat bahasa tersendiri dalam berbicara, yang sedikit menyulitkan bagi saya untuk berkomunikasi, hehe. Ini dikenal sebagai bahasa Bayern, lumayan berbeda dengan Hochdeutsch (Bahasa Jerman resmi). Dalam hal berpakaian, orang-orang Bayern sangat suka menggunakan pakaian adat mereka yaitu Tracht untuk laki-laki dan dirndl untuk perempuan.

Pesta pernikahan berlangsung dengan meriah, terlihat pasangan pengantin sangat berbahagia, keluarga besar serta para undangan juga turut dalam sukacita hari itu. Salah satu yang menarik perhatian saya yaitu pertunjukan musik tradisional yang sengaja dihadirkan untuk menambah kemeriahan. Ini adalah kali pertama saya mengikuti prosesi pernikahan di Jerman dengan adat Bayern. Sederhana namun unik, sarat dengan nilai nilai adat dan budaya. Alles gute zur Hochzeit ! Selamat menempuh hidup baru Florian dan Louisa…

Liburan di Bayern

Katedral dan Rathaus Neustadt an der Donau

Liburan di Bayern

Bersama pengantin baru, Florian dan Louisa

Liburan di Bayern

Anak-anak dari Gastfamilie

Liburan di Bayern

Kelompok musik tradisional Bavarian : Memeriahkan pesta pernikahan

Liburan di Bayern

Acara resepsi

Advertisements

8 thoughts on “Keindahan Alam dan Budaya Bavaria

  1. Pingback: Menyusuri eksotisme sungai Donau dan Biara Weltenburg di Kelheim | Memorabilia

    • benar, harganya selangit. satu set Tracht untuk laki laki itu kira-kira sampe 300 euro untuk kualitas yang standart. padahal kalau dipikir penjahit di Indonesia juga bisa buat kayak itu. hehe gimana menurutmu ?

      • itu kualitas standard ya? soalnya bahannya keliatan mewah walau ngga mahal, maksudnya dibuat dari kain yang bagus kualitasnya. ngga worth it, mending jahit di Indonesia udah dapet setengah lusin. haha

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s