Menyusuri eksotisme sungai Donau dan Biara Weltenburg di Kelheim

Pagi yang cerah di penghujung musim semi 2014, Suasana pedesaan nan sejuk, kicauan burung dan suara kawanan sapi khas peternakan menemaniku sarapan di villa Neustadt an der Donau. Hari ini kami akan menjelajah tempat-tempat wisata di daerah ini, dan yang menjadi tujuan pertama adalah sungai Donau.

Donau adalah sungai kedua terpanjang di Eropa yang bersumber dari Schwarzwald (Blackforest) di Jerman dan mengalir kearah tenggara melewati empat ibukota di Eropa Timur dan tengah, sebelum bermuara ke laut hitam melalui Delta Donau di Rumania dan Ukraina.

Sungai Donau tercatat dalam sejarah sebagai salah satu perbatasan lama dari Kekaisaran Romawi, yang saat ini mengalir dan berfungsi sebagai bagian perbatasan sepuluh negara yaitu Jerman, Austria, Slovakia, Serbia, Kroasia, Hungaria, Ukraina, Bulgaria, Moldova, dan Rumania.

Selain negara-negara yang berbatasan ini, cekungan drainase sungai Donau termasuk bagian dari delapan negara lagi yaitu Bosnia & Herzegovina, Slovenia, Swiss, Republik Ceko, Polandia, Republik Makedonia, Albania, dan Italia. Titik tertinggi dari daerah aliran sungai Donau terdapat di Puncak Piz Bernina yaitu perbatasan Italia dan Swiss.

liburan di bayern

Sungai Donau

Sudah dapat dibayangkan betapa pentingnya keberadaan sungai ini. Sejak selesainya terusan Rhein-Main-Donau Jerman pada tahun 1992, Sungai Donau sudah menjadi bagian dari saluran air Trans Eropa dari Rotterdam di laut utara ke Sulina di laut hitam dengan jarak kira-kira 3500 Km. Pada tahun 1994 Sungai Donau ini dinyatakan sebagai salah satu dari sepuluh koridor transportasi Pan-Eropa, rute di Eropa Timur dan Tengah yang membutuhkan investasi besar selama sepuluh hingga lima belas tahun. Meskipun hulu Sungai Donau saat ini relatif kecil, secara geologis Donau jauh lebih tua dari sungai Rhein.

Setelah browsing di Internet, saya mengetahui bahwa untuk menikmati keindahan sungai Donau antara lain dari tempat wisata seperti Lembah Wachau, Taman Nasional Donau-Auen di Austria, Gemenc di Hongaria, rit Kopački di Kroasia, Iron Gate di Serbia dan Rumania, Delta Danube di Rumania, Cagar Alam Srebarna di Bulgaria, Naturpark Obere Donau di Baden Wuttenberg, dan di Kloster Weltenburg Bayern.

Pilihan terakhir itulah yang hendak kami kunjungi hari ini, Kloster Weltenburg Kelheim (Biara Weltenburg di Kelheim Bayern). Perjalanan wisata alam dan sejarah ini dimulai dari dermaga Kelheim. Sebenarnya ada beberapa alternatif jalan menuju Kloster Weltenburg Kelheim, bisa juga ditempuh melalui jalur darat dengan mobil maupun kereta. Tapi kami memilih menggunakan kapal wisata agar bisa sekalian menikmati pemandangan alam sepanjang sungai Donau.

Setibanya di dermaga, kapal wisata bernama “Renate” yang akan kami tumpangi sudah standbye dan perlu diketahui bahwa keberangkatan kapal ini setiap satu jam sekali dengan jadwal yang sudah tersusun rapi. Beruntung kami datang tepat 15 menit sebelum jadwal kapal berangkat, jadi tidak perlu menunggu lama.

liburan di bayern

Dermaga Kelheim

liburan di bayern

Kapal wisata “Renate”

Setelah urusan tiket selesai, kamipun bergegas naik keatas kapal, mencari tempat duduk di depan agar leluasa menikmati pemandangan dan tentu saja mengabadikan gambar. Didalam kapal tersedia beberapa fasilitas seperti restoran, bar, dan semacam aula yang bisa untuk acara-acara sederhana. Suasana saat itu sangat terasa nuansa kehidupan tradisional Jerman dengan lagu-lagu yang khas, dan tentu saja Bir. Ya, orang Bayern sepertinya tidak bisa hidup tanpa bir, hehe. Hanya beberapa menit setelah mendapatkan tempat duduk di kabin paling atas, kapalpun bergerak maju… Yeeaah, petualangan dimulai !

Sepanjang perjalanan menyusuri sungai Donau, tidak henti-hentinya si abang pemandu wisata menjelaskan tentang apa saja yang ada di sekeliling. Tapi sayang sekali bahasa yang digunakan adalah logat Bayern maka hanya sepenggal-penggal kalimat yang saya mengerti . Tidak dapat dikhiaskan dengan kata-kata betapa indahnya barisan perbukitan tinggi yang memagari sungai Donau, saya baru tahu ternyata ada juga yang seperti ini di Jerman. Pohon-pohon rindang yang tumbuh diatas batu, kehidupan binatang didalam sungai bisa dilihat jelas karena airnya yang jernih, bahkan benteng dan kastil peninggalan Romawi sesekali mengintip diantara pepohonan di puncak bukit, salah satunya yaitu Befreiungshalle. Wunderbar !

liburan di bayern

On Board

liburan di bayern

Latar belakang bangunan Befreiungshalle

liburan di bayern

Suasana diatas kapal wisata “Renate”

liburan di bayern

Pemandangan alam di sekeliling sungai Donau

liburan di bayern

Pemandangan alam di sekeliling sungai Donau

liburan di bayern

Pemandangan alam di sekeliling sungai Donau

liburan di bayern

Pemandangan alam di sekeliling sungai Donau

liburan di bayern

Pemandangan alam di sekeliling sungai Donau

Setelah perjalanan yang menakjubkan menyusuri keindahan alam sepanjang sungai Donau yang memakan waktu kira-kira satu jam lamanya, tibalah kami di lokasi biara Weltenburg Kelheim. Disana terdapat sebuah basilika dengan ornamen peninggalan kerajaan Romawi, juga museum dan berbagai macam restoran. Menurut sejarah, biara ini merupakan titik awal penyebaran agama Katholik di Bayern bahkan di Jerman pada umumnya. Sepertinya tempat ini menjadi sangat penting bagi masyarakat Bayern.

liburan di bayern

Tampak dari luar lokasi biara Weltenburg

liburan di bayern

Suasana di dalam lokasi biara Weltenburg

liburan di bayern

Basilika Weltenburg

liburan di bayern

saya di depan basilika… hahaha

liburan di bayern

Ornamen di dalam Basilika Weltenburg

liburan di bayern

Ornamen di dalam Basilika Weltenburg

liburan di bayern

Saya di dalam Basilika Weltenburg

liburan di bayern

Museum peninggalan sejarah Biara Weltenburg

liburan di bayern

Salah satu gereja disekitar area Biara Weltenburg

Setelah puas menikmati beberapa tempat di lokasi biara Weltenburg ini kamipun kembali ke dermaga Kelheim dengan menggunakan perahu wisata namun berbeda dengan yang pertama kami tumpangi. Perjalanan pulang menyusuri sungai Donau kami menumpang kapal bernama Maximilian II. Maka sekali lagi saya dibuat terkagum-kagum dengan alam ciptaan Tuhan yang ditata rapi menjadikannya surga bagi wisatawan… Deutschland like a fairytale…

liburan di bayern

Weltenburg

liburan di bayern

Perjalanan pulang ke Kelheim

liburan di bayern

Masih dengan latar belakang yang sama : pemandangan menakjubkan !

liburan di bayern

Kapal wisata Maximilian II

(BERSAMBUNG) Befreiungshalle : Monumen Kemerdekaan Bangsa Jerman

(SEBELUMNYA) Keindahan Alam dan Budaya Bavarian

Advertisements

3 thoughts on “Menyusuri eksotisme sungai Donau dan Biara Weltenburg di Kelheim

  1. Pingback: Befreiungshalle : Monumen Kemerdekaan Bangsa Jerman | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s