Befreiungshalle : Monumen Kemerdekaan Bangsa Jerman

Destinasi wisata selanjutnya yang kami kunjungi adalah Befreiungshalle atau monument kemerdekaan. Die Befreiungshalle adalah monument yang berdiri diatas bukit Michelsberg di Kota Kelheim negara bagian Bayern, Jerman. Bangunan ini merupakan peringatan kemenangan dalam perang pembebasan rakyat Jerman melawan Napoleon pada tahun 1813 sampai 1815.

Sehari sebelumnya ketika menyusuri sungai Donau dengan kapal wisata, pandangan kami dan wisatawan lain sempat tertuju pada bangunan megah berwarna kuning ini. Ya, posisi yang strategis membuatnya sangat menarik perhatian, bahkan kemegahan Befreiungshalle bisa terlihat dari segala penjuru di kota Kelheim.

Simbol peringatan kemerdekaan ini dibangun atas keinginan dan perintah Raja Ludwig I, dengan melalui proses yang sangat panjang hingga bisa jadi seperti sekarang. Konstruksi awal dibangun pada tahun 1824 oleh Friedrich von Gärtner dengan gaya arsitektur kuno namun terhenti pada tahun 1847 setelah kematian Gärtner yang tiba-tiba.

Raja Ludwig I selanjutnya menugaskan Leo von Klenze untuk meneruskan pembangunan tanpa merubah arsitektur dasar rancangan Gärtner namun sedikit diberi sentuhan gaya klasik. Akhirnya konstruksi dilanjutkan pada musim semi tahun 1848. Setelah itu diantara tahun 1850 sampai 1856 pembangunan diambil alih oleh Otto von Langenmantel yang merupakan murid dari perancang sebelumnya yaitu Friedrich von Gärtner.

Bagian demi bagian bangunan ini saya perhatikan, semakin membuat saya takjub akan kehebatan peradaban masa lalu yang bisa membuat bangunan semegah dan seanggun ini. Ornamen-ornamen yang sangat detail dan mewah, ukiran-ukiran, serta pilar pilar yang menopangnya. Secara kasat mata langsung bisa terlihat 18 pilar berdiri kokoh disekeliling bangunan berbentuk polygon 18 segi ini. Yang unik adalah diatasnya terdapat patung kolosal dengan 18 nama suku di Jerman yang terlibat dalam pertempuran.

liburan di bayern

Pilar bangunan dengan 18 patung kolosal yang berdiri diatasnya

Ke-18 nama suku yang tercetak di masing masing patung yaitu : Franken, Boehmen, Tyroler, Bayern, Oesterreicher, Preussen, Hannoveraner, Maehren, Sachsen, Schlesier, Brandenburger, Pommern, Mecklenburg, Westphalen, Hessen, Thueringer, Rheinlaender, dan Schwaben. Tidak hanya itu, saat memasuki bagian dalam bangunan, kami langsung disambut oleh puluhan patung malaikat saling berpegangan tangan melingkar di sekeliling ruangan.

liburan di bayern

Puluhan malaikat berpegangan tangan mengelilingi ruangan utama bangunan ini

Luar biasa mahakarya ini ! ukiran ornamen di langit-langit semakin mempertegas keanggunanya. Tepat ditengah ruangan dengan lantai bermotif persegi lima terdapat tulisan dengan bahasa jerman kuno :

MOECHTEN DIE TEUTSCHEN NIE VERGESSEN WAS DEN BEFREIUNGSKAMPF NOTHWENDIG MACHTE UND WODURCH SIE GESIEGT. (Semoga Jerman tidak melupakan perjuangan kebebasan ini dan menghargai arti sebuah kemenangan)

liburan di bayern

Pesan dari Raja Ludwig I yang ditulis di lantai bangunan ini

liburan di bayern

Ornamen di langit-langit bangunan dan matahari sebagai sumber cayaha

Kami melanjutkan perjalanan menaiki anak tangga menuju puncak dari bangunan ini. Lagi-lagi saya dibuat terpesona dengan pemandangan maha karya Tuhan atas keindahan alam yang merupakan perpaduan sungai, bukit, dan pepohonan. Gedung-gedung dan perumahan di Kota Kelheim sejauh mata memandang tampak tersusun rapi. Sungguh tak terbayangkan sebelumnya bisa berada disini. Mahakarya Tuhan yang telah menciptakan alam yang indah, karya luar biasa manusia berupa bangunan monument nan megah, merupakan perpaduan luar biasa.

liburan di bayern

Pemandangan alam yang terlihat dari puncak Befreiungshalle

liburan di bayern

Pemandangan kota Kelheim

liburan di bayern

Saya dengan latar belakang bangunan-bangunan di kota Kelheim yang tertata rapi

liburan di bayern

Menerawang apa yang bisa diterawang

liburan di bayern

Bersama teman saya Karsten di puncak Befreiungshalle

Saya bisa mengambil pelajaran berharga dari liburan di tempat ini, yaitu suatu perjuangan yang dilakukan dengan sungguh-sungguh dan pantang menyerah, akan menghasilkan suatu penghargaan yang tidak hanya untuk dinikmati diri sendiri melainkan juga generasi selanjutnya. Selaras dengan keinginan Raja Ludwig I untuk membangun monument kemerdekaan ini sebagai hadiah kepada bangsa Jerman yang telah berjuang mati-matian melawan Napoleon. Dengan adanya monument ini, setidaknya perjuangan dari para pejuang pada masa itu akan terus di ingat setiap generasi ke generasi yang akan datang…

liburan di bayern

Bersama malaikat 🙂 hahaha

liburan di bayern

Latar belakang ornamen yang indah di Befreiungshalle

liburan di bayern

Saya masih dengan gaya yang sama 😀

liburan di bayern

Tangga utama di pintu masuk Befreiungshalle

liburan di bayern

Perpaduan arsitektur kuno dan klasik : Kokoh dan anggun

liburan di bayern

Bersama keluarga 🙂

(SEBELUMNYA) Menyusuri eksotisme sungai Donau dan Biara Weltenburg di Kelheim

Advertisements

One thought on “Befreiungshalle : Monumen Kemerdekaan Bangsa Jerman

  1. Pingback: Menyusuri eksotisme sungai Donau dan Biara Weltenburg di Kelheim | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s