Liburan di Paris (5) Au Revoir

Ini adalah postingan terakhir dari rangkaian seri “Liburan di Paris”. Lihat pengalaman kami sebelumnya disini : Liburan di Paris (1) Bienvenue !, Liburan di Paris (2) Tour Eiffel, Palais de Chaillot., Liburan di Paris (3) Arc de Triomphe, Musée du Louvre, Notre Dame, Montmartre., Liburan di Paris (4) Disneyland.

Sabtu 30 Agustus 2014. Hari kelima di Ibukota Prancis. Adapun rencana awal untuk hari terakhir ini yaitu mengunjungi Museum Grevin dan Replika patung Liberty. Grevin sendiri merupakan sebuah museum patung lilin terkenal di Paris yang berlokasi di boulevard Mountmartre. Sedangkan replika patung Liberty terletak diatas sungai Seine dekat Pont de Grenelle (Jembatan Grenelle). Tapi setelah dipikirkan kembali sepertinya tidak akan cukup waktu untuk mengunjungi kedua tempat itu, bahkan memilih salah satu-pun tampaknya sulit mengingat waktu kami hanya sampai jam 12 siang, yaitu batas waktu check-out hotel untuk hari itu. Dengan kata lain jika kami check-out diatas jam 12 siang, maka akan dihitung satu hari lagi.

Pagi yang cerah, mulailah kami mengemas semua barang bawaan dan bersiap untuk menghabiskan waktu yang tersisa untuk sekedar jalan jalan santai dengan belum adanya tujuan yang pasti (setelah sepakat bahwa rencana awal ke Museum Grevin dan Replika patung Liberty tidak memungkinkan lagi).

Salah satu hal yang mungkin sering dilupakan seorang pelancong adalah sarapan. Kami selalu menyempatkan diri untuk mengisi perut sebelum memulai perjalanan agar keseruan liburan tidak terganggu oleh perut yang keroncongan, hehe. Apopo, btw… jangan sekali-kali anda makan sambil berjalan atau berjalan sambil makan (sama saja x_x), karena hal itu dianggap tidak sopan bagi orang Paris. Mereka sangat menghargai yang namanya ‘makan’, oh.. mungkin itulah mengapa budaya makan di kafe masih sangat kuat di Paris (?).

Setelah bertukar pikiran sepanjang perjalanan menuju stasiun Metro, akhirnya diputuskan destinasi terakhir yaitu École Militaire. Hal ini didasari oleh rasa penasaran kami melihat bangunan yang megah dan besar yang jika ditarik garis lurus, berdiri sejajar dengan menara Eiffel, jembatan Pont d’léna, dan Palais de Chaillot. Ditambah lagi akses menuju tempat ini yang tidak terlalu jauh dari hotel tempat kami nginap. Stasiun Metro/RER terdekat adalah stasiun Camp de Mars, dan stasiun École Militaire. Bangunan ini sendiri merupakan sekolah militer yan di dirikan di Paris sejak 1751. Kamipun cukup mengabadikan gambar dari halaman depan.

École Militaire

Bonjour Eiffel ! (Part 3)

Matahari bersinar sangat cerah, sepertinya sayang untuk melewatkan moment ini tanpa (lagi) mengabadikan anggunnya menara Eiffel di pagi hari. Anggaplah sebagai salam perpisahan dari kami…

Bonjour Eiffel !

Menara Eiffel

Pukul 12 kurang 10 menit kami tiba di hotel setelah sekitar 30 menit perjalanan kembali dari stasiun Camp de Mars menggunakan RER-C dilanjutkan dengan Metro-13. Timing yang tepat di menit-menit terakhir, kamipun langsung mengurus check-out. Seperti yang sudah diceritakan sebelumnya bahwa receptionist hotel ini berbicara bahasa Inggris bahkan ternyata bahasa Jerman juga, hehe, alles klar !. Segala sesuatunya telah selesai, semua pembayaran dilakukan pada saat check in, tidak ada biaya tambahan apapun, barang-barang sudah beres, saatnya pulang…

Au Revour !

Bersama beratnya barang bawaan, kamipun melangkahkan kaki menuju Porte de la Chapelle, yaitu tempat pertemuan dengan mobil yang akan mengantar kami pulang ke Jerman.

Dari stasiun Place de Clichy menggunakan Metro nomor 2 jalur arah Nation, dan turun di stasiun Pigalle, dilanjutkan dengan Metro nomor 12 sampai di stasiun Porte de la Capelle. Sekitar pukul 13.00 dengan meninggalkan begitu banyak kenangan, kamipun memulai perjalanan pulang ke Köln Jerman.

Kesimpulan

Sepertinya hampir semua wisatawan datang ke Paris dengan ekspektasi yang tinggi menganai keindahan kota Paris. Terlebih apa yang selama ini kita lihat di media cetak maupun elektronik, bahkan legenda yang berkembang di masyarakat bahwa Paris selalu diasosiasikan sebagai kota yang romantis, surga wisata, pokoknya perfekt lah.

Tetapi ketika sampai di Paris, kenyataan jauh dari ekspektasi. Mengharapkan surga wisata di Paris, namun kadang kekecewaan-lah yang didapat. Mungkin karena konsep yang tertanam di pikiran bahwa Paris sebagai kota Wisata dunia yang perfekt, tidak sesuai dengan realitas. Seperti kota-kota lain, Paris pun memiliki penduduk yang marah-marah, copet, pengamen, pedagang asongan, penipu, pelaku kriminal, dll. Masalah sampah, lalu lintas yang semrawut, masyarakat yang tidak tertib, serta rasisme yang masih popular di kalangan penduduk asli terhadap para imigran. Semua itu tidak bisa dipungkiri, bahkan kami secara langsung melihat dan mengalami apa yang saya sebutkan tadi. Sangat disayangkan 😦

Namun dibalik itu semua, secara keseluruhan harus diakui berlibur di Paris selama 5 hari cukup sangat puas dan menyenangkan, banyak lokasi yang dikunjungi meskipun masih lebih banyak lagi yang belum sempat di explore. Pengetahuan yang tidak sedikit kami dapat, pengalaman yang tidak ternilai harganya, terlebih impian dan mimpi kami yang boleh terwujud. Berharap suatu saat nanti bisa kembali ke tempat ini, merapikan sisa-sisa kenangan yang kami tinggalkan…

“Don’t let your dreams just be dreams, make it a reality… Paris I’m in Love !

Artikel terkait :

Transportasi di Paris

Berbagi Informasi dan Pengalaman : Paris Metro, Mobilitas bawah tanah.