Transportasi di Paris

Paris memiliki banyak sekali tempat tujuan wisata yang tersebar di beberapa tempat di kota ini. Jika anda berlibur tanpa menggunakan paket tour, ada baiknya terlebih dahulu mengetahui segala sesuatu tentang transportasi di Paris. Siapa saja yang pernah berkunjung di Paris pasti mengakui bahwa sarana transportasi disana adalah salah satu yang terbaik di dunia. Mungkin pemerintah setempat menyadari bahwa pariwisata adalah trade mark kota ini, jadi sudah seharusnya sarana transportasi umum untuk selalu diperhatikan, diperbaiki, bahkan ditingkatkan.

Kita langsung pada pembahasan, apa saja transportasi umum di kota Paris ?

1.Metro

Transportasi di Paris

Paris Metro

Transportasi di Paris

Suasana di dalam Metro

Metropolitain yang disingkat menjadi Metro dioperasikan oleh RATP, sebuah otoritas transportasi public yang juga mengoperasikan jaringan RER dan layanan bus. RATP di Paris mempunyai warna yang khas yaitu hijau pudar dengan lambang lingkaran dan ikon menyerupai wajah perempuan sedang menghadap keatas. (?)

Transportasi di Paris

Logo RATP

Angkutan cepat Paris atau dalam bahasa aslinya Métro de Paris merupakan sarana transportasi paling populer di Paris. Sistem transportasi ini terdapat 14 jalur yang ditandai dari nomor 1 sampai 14 dengan masing-masing jalur mempunyai warna sebagai pembeda.

Salah satu keunikan dari system transportasi ini yaitu hampir seluruh perjalanan menggunakan Metro ditempuh dibawah tanah. Jalan menuju ke stasiun Metro juga hampir semua merupakan tangga kebawah tanah.

Liburan di Paris

Gerbang masuk stasiun Metro : Tangga turun kebawah tanah.

(Baca juga Berbagi Informasi dan Pengalaman : Paris Metro, Mobilitas bawah tanah.)

2.RER

Transportasi di Paris

RER

Transportasi di Paris

Suasana di dalam RER

RER adalah jaringan kereta cepat yang menghubungkan Paris dengan wilayah di pinggiran, maupun kota lain di sekitarnya. Kereta RER mencakup jarak yang lebih luas daripada Metro, tentu saja dengan armada dan kapasitas muatan yang lebih besar. Terdapat lima jalur RER, namun berbeda dengan Metro, setiap jalur RER ditandai dengan Alfabet yaitu A,B,C,D dan E.

Jalur RER berpotongan di pusat kota Paris, dan melewati beberapa stasiun dalam kota layaknya Metro. Jadi anda bisa menggunakan RER meskipun hanya untuk tujuan dalam kota, yang penting anda harus memastikan stasiun tujuan anda menjadi tempat persinggahan kereta ini.

Tiket yang diperlukan untuk menggunakan RER adalah tiket yang sama saat menggunakan Metro. Pengalaman kami, naik RER jauh lebih nyaman dan cepat. Ada tiga jalur yang biasanya banyak digunakan wisatawan, antara lain Jalur RER-A menuju Disneyland, jalur RER-B menuju bandara Charles de Gaulle, dan RER-C menuju bandara Orly.

3.BUS

Transportasi di Paris

Bus

Bus di Paris melayani tujuan ke wilayah-wilayah dalam kota Paris yang tidak terjangkau Metro maupun RER. Untuk mengakses Bus ini anda tinggal menunggu armada yang sudah terjadwal di halte-halte yang tersedia sepanjang jalur yang dilewati Bus. Tiket yang diperlukan untuk menggunakan sarana transportasi ini adalah sama dengan tiket metro dan RER, karena RATP sebagai otoritas transportasi di Kota Paris memberlakukan sistem ticketing yang terpadu antar moda transportasi. Hanya saran saja, jika jarak tujuan anda tidak terlalu jauh lebih baik jalan kaki sambil menikmati suasana kota Paris daripada harus menghabiskan waktu menunggu Bus di halte, hehe

4. Taxi

Transportasi di Paris

Taxi

Banyak taxi yang lalu-lalang di kota Paris, bahkan tidak perlu memesan sebelumnya anda sudah bisa menggunakan transportasi ini. Cukup menuju ke tempat antrian taxi atau jika tidak ada penumpang di dalamnya, taxi dapat dicegat di jalan raya, cukup dengan melambaikan tangan. Saya sendiri tidak menyarankan anda menggunakan transportasi ini, kecuali pada situasi dimana tidak bisa lagi menggunakan Metro maupun RER.

5. Becak dan Bajaj ?

Transportasi di Paris

Becak dan Bajaj mulai banyak diminati wisatawan di Paris

(??/!#(&%ERROR>%#!@&) hahaha, di Jakarta sarana ini semakin terpinggirkan. Namun di Paris, menggunakan becak ataupun bajaj semakin diminati wisatawan untuk menikmati keindahan kota Paris. Unik… Namun bukan merupakan bagian dari sistem transportasi di Paris mengingat wilayah jangkauannya yang sangat terbatas yaitu hanya di sekitaran lokasi wisata seperti menara Eiffel dan Museum Louvre. Mungkin hanya untuk rekreasi saja.

Advertisements

7 thoughts on “Transportasi di Paris

  1. Pingback: Liburan di Paris (1) Bienvenue ! | Memorabilia

  2. Pingback: Berbagi Informasi dan Pengalaman : Paris Metro, Mobilitas bawah tanah. | Memorabilia

  3. Pingback: Liburan di Paris (5) Au Revoir | Memorabilia

  4. Pingback: Kartoffel-Poree-Suppe | Einfache Rezepte

  5. Hi mas,
    Rencana awal sept sy dr italy mau ke paris. Dan backpacking berdua sm kawan.
    Aman ga ya utk kita yg bnr2 baru mo ke paris, ga tau apa2 sm skali, modal nekat mumpung dah di italy pgn bablas paris

    • Hallo mbak, beberapa minggu belakangan ini sepertinya kondisi keamanan negara-negara Eropa sedang tidak stabil. Tidak hanya di Paris, di tempatku juga pengamanan ditingkatkan setelah aksi-aksi teror yang terjadi. Tapi itu tentu bukan jadi alasan untuk tidak mengunjungi Paris. Aku rasa pengamanan untuk turis yang berkunjung sudah menjadi hal yang diutamakan pemerintah perancis. Coba aja mbak, gak usah takut. Selamat berlibur 🙂

  6. Apakah d paris ada sistem transportasi spt one day pass dan sejenisnya.. jd naik transportasi disana ga perlu tiket beli per transportasi… thx u

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s