Berbagi Informasi dan Pengalaman : Paris Metro, Mobilitas bawah tanah.

Mengunjungi kota Paris sepertinya tidak lengkap jika tidak merasakan sensasi mobilitas dibawah tanah. Mobilitas : Gerakan berpindah-pindah (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Ya, dengan Metro memungkinkan anda dalam waktu yang singkat berpindah dari satu tempat ke tempat lain dalam Kota Paris tanpa mengalami macet, sekalipun jaraknya agak jauh.

Memang hampir semua jalur metro berada dibawah tanah, pemandangan selama perjalanan hanyalah terowongan-terowongan gelap. Namun dengan menggunakan Metro anda bisa mempersingkat waktu tempuh dibanding harus menggunakan kendaraan di jalan raya.

Nah, disini saya akan berbagi beberapa informasi dan pengalaman kami menggunakan sarana transportasi Metro, semoga dapat memberikan gambaran bagi anda yang ingin menggunakannya.

Menentukan nomor Metro

Untuk menentukan metro nomor berapa yang tepat sesuai tujuan anda, dapat dilihat di peta metro yang tersedia di papan informasi setiap stasiun. Untuk lebih praktis silahkan ambil peta metro dalam bentuk brosur maupun selebaran yang tersedia di setiap hotel maupun tempat wisata tertentu.

Liburan di Paris

Peta Metro

Anda bisa juga menginstall aplikasi bernama “Visit Paris by Metro” secara gratis dari Play Store smartphone anda.

Pengalaman kami, aplikasi ini sangat bermanfaat sebab secara instan kita bisa langsung mengetahui rute yang harus ditempuh dari lokasi awal ke tempat tujuan. Aplikasi ini bisa bekerja seperti ketika menggunakan layanan directory google map, bahkan tetap bisa digunakan tanpa jaringan internet (offline).

So, intinya sebelum naik ke kereta, anda harus cermat melihat nomor/linie yang melalui stasiun tujuan anda. Informasinya sangat jelas terpampang di papan-papan petunjuk dalam stasiun.

Liburan di Paris

Petunjuk arah di stasiun Metro

Menentukan jurusan Metro

Setelah menentukan Metro linie berapa, kemudian perhatikan juga jurusan atau tujuan akhir kereta tersebut. Contohnya metro nomor 1 melayani jurusan dari stasiun Chateau de Vincennes dengan tujuan akhir stasiun La Devense, juga sebaliknya dari arah stasiun La Devense menuju stasiun Chateau de Vincennes. Jangan sampai salah naik kereta dan malah menuju kea rah yang berlawanan dari tujuan anda.

Selain itu, perhatikan pula metro dengan jurusan yang memiliki dua tujuan akhir. Artinya jurusan ini terdapat percabangan seperti Metro nomor 13 yang melayani jurusan dari stasiun Chatillon Montrouge dan berakhir di dua stasiun yaitu stasiun Genevilliers dan stasiun St.Denis-Universite. Untuk hal ini dapat dilihat di layar monitor yang menunjukkan tujuan akhir kereta tersebut. Biasanya masing-masing akan bergantian dengan selang waktu beberapa menit.

Liburan di Paris

Metro nomor 13 terdapat jalur bercabang (dua jurusan)

Membeli Tiket Metro

Anda dapat menemukan konter-konter penjualan tiket di beberapa stasiun besar yang dilayani oleh petugas dari RATP. Tapi sayangnya, tidak semua petugas bisa berbahasa inggris. Jika anda menguasai bahasa Prancis hal itu tidak menjadi masalah tentunya, namun berberda halnya jika anda tidak bisa berbahasa Prancis, pasti sulit mengutarakan maksud dan tujuan.

Tenang saja, jangan takut dan bersedih hati, jangan pula putus asa dan bermuram durja. Disetiap stasiun Metro tersedia kantong ajaib Doraemon mesin penjualan tiket secara otomatis yang menyediakan berbagai pilihan bahasa seperti Inggris, Jerman, Spanyol, dll. Anda tinggal memilih jenis tiket yang ingin dibeli, memasukkan uang, maka tiket akan keluar secara otomatis lengkap dengan struk pembelian.

Liburan di Paris

Mesin penjualan tiket

Tiket jenis apa yang harus dibeli ?

Jika anda akan melakukan perjalanan ke banyak tempat dalam satu hari, disarankan membeli “Paris Visite Pass”. Jenis tiket ini dapat digunakan secara unlimited dalam sehari dan bisa dibeli sekali untuk beberapa hari. Terdapat pilihan untuk 1 hari, 2 hari, 3 hari, dan 5 hari serta zona yang ingin dituju. Sebagai informasi, transportasi di Paris terbagi atas beberapa zona yaitu zona 1-3 mencakup dalam kota Paris, serta zona 4 dan zona 5 untuk lokasi di pinggiran kota.

Secara umum tempat wisata di Paris hampir semua terdapat di zona 1-3 dan yang terkenal hanya Disneyland yang masuk zona 5. Namun saran saya jika anda ingin pergi ke Disneyland jangan gunakan tiket jenis ini, melainkan beli tiket yang ditawarkan khusus untuk tujuan Disneyland. Jumlahnya akan lebih murah dan efisien mengingat anda hanya akan dua kali menggunakan kereta yaitu saat pergi dan pulang (tidak perlu tiket unlimited). Jadi pinter-pinter anda untuk menyiasati pembelian “Paris Visite Pass ini”.

Berikut ini daftar harga tiket Paris Visite per-tanggal 30 Agustus 2014:

1 Hari untuk zona 1-3, dewasa : 10,85€ / anak-anak : 5,40€

2 Hari untuk zona 1-3, dewasa : 17,65€ / anak-anak : 8,80€

3 Hari untuk zona 1-3, dewasa : 24,10€ / anak-anak : 12,05€

5 Hari untuk zona 1-3, dewasa : 34,70€ / anak-anak : 17,35€

Liburan di Paris

Tiket Paris Visite yang kami gunakan untuk zona 1-3 selama tiga hari.

Sekedar tambahan, ada beberapa tempat wisata yang memberikan potongan harga masuk hanya dengan menunjukkan tiket Paris Visite ini. Diantaranya Arc de Triomphe (diskon 20%), Musée de l’armée (diskon 20%), Musée Grévin (diskon 30%), Tour Montparnasse (diskon 30%), Disneyland (diskon 20%), Espace Dali (diskon 5€), Conciergerie (diskon 20%), Chateau de Fontainebleau (diskon 2€), Provins (Diskon 3,90€), France Miniature (Diskon 30%), Beteaux Parisiens (Diskon 25%), Galeries Lafayete (Diskon 30%) dan juga menggunakan bis Open Tour (Diskon 6€). (Cat: Saya mengetahui daftar lokasi wisata dan besaran diskon ini dari aplikasi Visite Paris by Metro di smartphone saya.)

Pilihan selanjutnya jika anda tidak akan melakukan mobilitas yang tinggi selama satu hari, disarankan membeli tiket satuan dengan harga 1,70€ per lembar, atau 13,70€ per 10 lembar tiket. Tiket ini tidak mempunyai batas waktu, jadi terserah kapan anda akan menggunakannya entah hari ini, besok, maupun lusa.

Pengalaman kami membeli tiket satuan ini, yaitu ketika baru tiba di Paris. Waktu sudah hampir malam, rugi jika membeli tiket unlimited hanya untuk setengah hari. Juga pada hari terakhir kami harus pulang jam 12 siang, maka perjalanan pagi hari kami gunakan sisa dari 10 tiket satuan yang dibeli hari pertama. Praktis, hemat dan efisien 🙂

Liburan di Paris

Tiket satuan (single trip)

Menggunakan Tiket Metro

Tiket metro sendiri berukuran lumayan kecil, berbentuk seperti kartu domino dengan sensor di salah satu sisinya. Disetiap stasiun metro terdapat pagar putar sebagai pintu masuk, yang hanya bisa dilewati dengan menggunakan tiket yang masih berlaku maupun tiket elekronik (saya tidak akan menjelaskan mengenai tiket elektronik ini karena saya belum pernah menggunakannya).

Liburan di Paris

Portal masuk stasiun Metro

Liburan di Paris

Pagar putar – portal masuk stasiun Metro

Anda harus memasukkan tiket pada sebuah slot maka pagar putar bisa bergerak dan silahkan anda masuk melewatinya. Jangan lupa untuk mengambil kembali tiket yang dimasukkan tadi. Tiket yang sudah dimasukkan tadi akan secara otomatis ter-cap tanggal dan jam saat itu. Hal ini diperlukan pada saat pemeriksaan oleh petugas di dalam kereta.

Liburan di Paris

Lingkaran merah : tempat memasukkan tiket, Lingkaran biru : tempat keluar tiket.

Jangan coba-coba anda naik Metro tanpa memiliki tiket. Mungkin beberapa orang bisa melakukan trik untuk masuk melewati pagar putar tanpa memasukkan tiket, namun jangan berharap untuk lolos apabila diperiksa oleh petugas dan anda tidak mengantongi tiket yang valid. Siap-siap dikenakan denda dengan jumlah yang besar.

Liburan di Paris

Trik melewati portal tanpa tiket. (pict by.: http://www.ratp.fr)

Namun pengalaman kami selama 5 hari menjelajah Paris dengan Metro maupun RER, hanya sekali bertemu dengan mbak pemeriksa tiket. Tampangnya sangar, bicaranya galak, dan sekali saja dia muncul dan memeriksa, maka seketika itu juga orang-orang di dalam kereta akan berteriak histeris dan melompat keluar menyiapkan tiket yang digunakan paling terakhir, dibuktikan dengan jam masuk stasiun yang di cap di tiket.

Sekedar tips dari saya, tiket yang sudah pernah digunakan jangan langsung dibuang. Cobalah gunakan sekali lagi tiket tersebut, dalam beberapa kasus kami berhasil masuk menggunakan tiket satuan yang sudah pernah digunakan. Apakah karena faktor kemujuran, atau mesinnya yang sedang berbaik hati, entahlah. Tidak ada salahnya mencoba… hehe. Perlu diketahui pula, bahwa tiket ini berlaku untuk Metro dan RER.

Itulah beberapa Informasi dan pengalaman kami menggunakan sarana transportasi Metro di Paris, semoga bisa bermanfaat untuk anda.

Liburan di Paris

Suasana di dalam Metro

Liburan di Paris

Suasana di dalam Metro

Keep Calm and Enjoy Paris !

Artikel terkait : Transportasi di Paris

Advertisements

10 thoughts on “Berbagi Informasi dan Pengalaman : Paris Metro, Mobilitas bawah tanah.

  1. Pingback: Transportasi di Paris | Memorabilia

  2. Pingback: Liburan di Paris (5) Au Revoir | Memorabilia

  3. Kemarin kita resensi novel setting Paris trus bikin giveaway yang berhubungan dengan Paris. Sampe googling semua jawaban, dan akhirnya stres karena Paris keceh badai, apalagi itu kota-kota kecil dang… Aduuuhhh suka skali ke sana eh hhuhuh

    Eniwei, maapkeunnnn diriku kira cewek hikzzzz

    • Waw barusan googling dulu apa artinya “keceh badai”… haha kuper yah x_x
      Iya memang nda ada habis-habisnya ini Paris, dalam kota, luar kota, sampai “huk-huk” tetap ada nilai seninya..
      Pasti suatu saat bisa liat mbak posting tulisan about Paris.. yakin!
      Aku sementara garap tulisan tentang Affirmasi mbak, boleh di coba kalau mau berafirmasi 🙂

  4. Pingback: Angsa dan Badai Salju | Ilustrasi Rohani

  5. Pingback: Gemüse-Kartoffel-Suppe mit Pistou | Einfache Rezepte

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s