Jalan-Jalan ke Köln (1) Kölner Dom, Hohenzollernbrücke (jembatan gembok cinta)

Pagi yang cerah di akhir pekan tepatnya tanggal 9 Agustus 2014. Setelah menempuh perjalanan dari Wachtberg menggunakan bus, tibalah kami di Bonn-Mehlem Bahnhof. Hari ini merupakan bagian dari agenda saya mengunjungi Marla sekalian jalan-jalan di NRW (Nordrhein Westfalen)

Dari Bonn-Mehlem Bahnhof kami menumpang kereta Rhein Express dan turun di Köln Hauptbahnhof. Ya, hari ini kami akan menjelajah kota Köln, salah satu kota Metropolitan di Negara bagian NRW.

Kölner Dom

Berbicara tentang Köln tentu tidak bisa dipisahkan dengan ikon kota ini yaitu Kölner Dom. Bertahun-tahun lamanya katedral di Köln ini dinobatkan sebagai bangunan tertinggi di Eropa.

Jalan-Jalan ke Köln

Kölner Dom

Berdasarkan sejarah yang saya baca, ternyata Kölner Dom dibangun sejak tahun 1248 namun dihentikan pada tahun 1473. Kemudian pembangunan dilanjutkan pada abad ke 19 hingga selesai pada tahun 1880. Tinggi menaranya mencapai 157 meter. Rekord bangunan tertinggi di Eropa yang disandang oleh Kölner Dom akhirnya terpecahkan ketika menara Eiffel dibangun di Paris pada tahun 1887-1889. Tinggi menara Eiffel sendiri sekitar 324 meter.

Untuk menuju ke tempat ini sangatlah mudah, bisa diakses dengan kendaraan pribadi, menumpang bus, maupun menggunakan kereta. Kölner Dom sendiri tepat berada disamping Köln Haupbahnhof, jadi yang turun dari kereta hanya membutuhkan sekitar 5 menit jalan kaki, sama halnya dengan yang menumpang bus karena Köln Hbf juga adalah tempat perhentian bus.

Jalan-Jalan ke Köln

Köln Hauptbahnhof bersebelahan dengan Kölner Dom

Dalam perjalanan keluar dari Hauptbahnhof, tidak hentinya saya memandangi bangunan ini, sanggat tinggi menjulang dengan menara-menaranya. Hampir seluruh bagian bangunan didominasi oleh warna kehitaman dengan ukiran-ukiran yang sangat detail sampai di bagian terkecil.

Tepat di depan Kölner Dom, tampak banyak sekali wisatawan dalam maupun luar negeri yang mengunjungi warisan dunia yang dilindungi UNESCO ini. Mungkin tidak akan bisa anda mengambil gambar tanpa ada orang lain di belakang… hehe.

Inilah beberapa foto di depan Dom yang sempat kami abadikan…

Jalan-Jalan ke Köln

Halaman depan Dom yang selalu dipadati wisatawan

Jalan-Jalan ke Köln

Foto dari depan Dom

Jalan-Jalan ke Köln

Ich liebe Köln

Jalan-Jalan ke Köln

Foto dari samping Dom

Jalan-Jalan ke Köln

Sisi samping kiri Dom

Kölner Dom tidak hanya menampilkan pesona dari bentuk luarnya, mahakarya arsitektur gothic khas Eropa bisa anda temui di dalam bangunan Dom ini. Setiap pengunjung yang ingin masuk kedalam ruangan Dom tidak dipungut biaya, alias gratis.

Disana kita bisa mengetahui sejarah, asal-usul, dan serba serbi mengenai bagunan ini, bahkan bila mau wisatawan bisa ikut dalam ibadah yang dilaksanakan. Kalaupun hanya untuk melihat-lihat dan mengambil foto tidak masalah, asalkan tidak mengganggu orang yang sedang ibadah.

Jalan-jalan di Köln

Suasana di dalam Dom

Jalan-jalan di Köln

Tempat duduk jemaat yang akan beribadah

Di dalam Dom terdapat banyak patung-patung dan ukiran antik yang mempunyai arti penting bagi umat Katolik dan Kristen pada umumnya. Salah satunya yaitu Dreikönigsschrein atau dalam bahasa inggris Shrine of the three kings. Aset paling populer yang dimiliki Kölner Dom, berupa sarkofagus layaknya peti yang terbuat dari emas berisikan tulang belulang dari ketiga orang Majus.

Ketika mendengar tentang orang majus ini, saya teringat masa kanak-kanak dimana sering kali memerankan sebagai salah satu dari ketiga orang majus pada teater Natal di gereja. Mereka adalah tiga orang yang mendatangi bayi Yesus ketika Dia lahir di Betlehem. Mereka mempersembahkan Emas, Kemenyan, dan Mur.

Jalan-jalan di Köln

Sarkofagus Dreikönigsschrein

Adapun pengunjung bisa naik sampai ke puncak menara dengan membayar 2,50€ (Baca : Jalan-Jalan ke Köln (2) Puncak menara Kölner Dom) . Tersedia pula tour guide untuk berkeliling gereja dengan biaya 3€. Jam buka Kölner Dom adalah mulai dari pukul 06.00 sampai 19.30. Bagi anda yang berkunjung ke kota Köln, katedral ini merupakan tempat wisata yang wajib dikunjungi, hehe.

Rhein See (Sungai Rhein)

Setelah puas berkeliling Kölner Dom, perjalanan dilanjutkan. Tidak jauh dari Dom terdapat sungai bernama Rhein See, sungai terpanjang ke-12 di Eropa. Sungai Rhein memiliki panjang sekitar 1.233 kilometer.

Sungai ini melewati beberapa negara yang ada yakni mulai dari Swiss sampai ke Jerman. Sungai ini juga mengalir sampai di Nordsee, Belanda. Keberadaan sungai ini menjadi sangat penting bagi Jerman untuk mendistribusikan logistik ke dalam maupun luar negeri, selain tentunya sebagai lokasi wisata.

Setibanya kami di pinggir sungai Rhein, tampak banyak wisatawan maupun warga sekitar yang duduk sambil menikmati sinar matahari dan pemandangan yang indah. Terdapat pula kafe-kafe yang menyediakan berbagai makanan dan tentu saja bir. Ada satu jenis bir yang terkenal merupakan cirri khas dari Koln, yaitu “Kölsch”.

Jalan-jalan ke Köln

Sungai Rhein

Jalan-jalan ke Köln

Santai di pinggir sungai sambil memberi makan burung merpati

Jalan-jalan ke Köln

Saatnya makan 🙂

Hohenzollernbrücke (jembatan gembok cinta)

Tradisi gembok cinta yang diyakini agar dua pasangan kekasih selalu bersama juga dipercaya orang Jerman. Kalau di Paris terkenal dengan jembatan di belakang Katedral Notre Dame bernama Pont del’Archeveche, di Köln ada Hohenzollernbrücke. Jembatan ini melintasi sungai Rhein dan sangat vital bagi aktivitas masyarakat kota Köln khususnya dan negara bagian NRW pada umumnya.

Jembatan ini merupakan jalur kereta dari Köln Hauptbahnhof maupun yang melewatinya, menuju ke berbagai kota. Disamping kiri dan kanan jalur kereta terdapat jalur pejalan kaki maupun sepeda. Nah, pembatas kedua jalur inilah yang dijadikan tempat digantungnya cinta banyak orang. cieeee.. digantung nieehh.

Jalan-jalan ke Köln

Pagar pembatas dijadikan tempat menggantung gembok cinta

Jalan-jalan ke Köln

Gembok cinta

Melewati jembatan dengan panjang 409 meter ini, anda bisa sambil melihat ekspresi cinta ribuan pasangan dengan macam macam jenis gembok dengan ukiran nama, baik yang masih tampak baru maupun yang sudah berkarat. Jika anda mengunjungki kota Köln bersama pasangan, jangan lewatkan romantisnya berada diatas jembatan ini. Biarlah sungai Rhein jadi saksinya….

Jalan-jalan ke Köln

Pemandangan sungai Rhein dari atas jembatan

Jika dilihat dari Hohenzollernbrücke, tampak bangunan gereja yang cukup tinggi mengimbangi Kölner Dom di sebelahnya. Maka di akhir perjalanan hari itu kami menyempatkan diri pergi kesana, tapi sayang kami tidak menemukan jalan masuk kedalam bangunan itu. Sepertinya tidak dibuka untuk umum, saya juga tidak tahu pasti. Jadilah kami hanya sekedar mengabadikan gambar dengan bangunan misterius ini. hehe… mungkin kesempatan berikutnya kami bisa lagi mengunjungi tempat ini.

Hari yang indah di Köln… kamipun bergegas pulang meninggalkan kota Romantis ini… Wunderbar!

Jalan-jalan di Köln

Dua bangunan yang luar biasa tingginya

Jalan-jalan ke Köln

Tampak dari samping

Advertisements

3 thoughts on “Jalan-Jalan ke Köln (1) Kölner Dom, Hohenzollernbrücke (jembatan gembok cinta)

  1. Pingback: Jalan-Jalan ke Köln (2) Puncak menara Kölner Dom | Memorabilia

  2. Pingback: Menyusuri eksotisme sungai Donau dan Biara Weltenburg di Kelheim | Memorabilia

  3. Pingback: Kemeriahan Weihnachtsmarkt (Pasar Natal) Katedral tertinggi di Jerman | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s