Jalan-Jalan ke Köln (2) Puncak menara Kölner Dom

Sabtu 6 September 2014, hampir satu bulan setelah kunjungan pertama ke Kölner Dom. Baca: Jalan-Jalan ke Köln (1) Kölner Dom, Hohenzollernbrücke (jembatan gembok cinta) Hari ini kami berkesempatan masuk dan naik hingga pe puncak menara selatan katedral kebanggaan masyarakat Köln ini.

Jam buka menara Kölner Dom adalah 09.00-16.00 (Januari-Februari), 09.00-17.00 (Maret-April), 09.00-18.00 (Mei-September), 09.00-17.00 (Oktober), dan jam 09.00-16.00 (November-Desember). Harga tiket masuk sebesar 3€ untuk dewasa, 1,50€ untuk pelajar dengan menunjukkan kartu pelajar, dan 6€ untuk tiket keluarga.

Pintu masuk untuk naik ke menara Katedral ini berada di sisi kiri dan turun ke ruangan bawah tanah. Disana anda akan menemukan loket penjualan tiket juga museum yang menampilkan fondasi dasar Katedral dan juga informasi tentang bangunan ini. Setelah selesai dengan urusan tiket, saatnya berjuang menaiki anak tangga menuju puncak menara.

Jalan-jalan di Koln

Museum bawah tanah dan pondasi Kölner Dom

Terhitung sekitar 533 anak tangga yang harus dinaiki dengan medan yang menanjak dan melingkar juga sempit. Sebaiknya anda berjalan di sisi kanan tangga sebab sisi sebaliknya digunakan para pengunjung yang akan turun. Sebab ukuran tangga ini sepertinya hanya cukup untuk dua orang.

Jalan-jalan di Koln

Tangga menuju puncak menara Kölner Dom : Sempit, menanjak, melingkar

Setelah ketinggian 53 meter dari pendakian anak tangga, pengunjung akan melewati ruangan tempat digantungnya lonceng terkenal yaitu lonceng St.Peter. Ini merupakan lonceng terbesar di dunia dengan berat 24.000 kilogram berdiameter 3,22 meter. Lonceng legendaris ini hanya akan dibunyikan pada 11 event besar gerejawi seperti Paskah, Natal, dll.

Jalan-jalan di Koln

Lonceng St. Peter

Jalan-jalan di Koln

Lonceng terbesar di dunia

Setelah mencapai ketinggian 70 meter dengan 386 anak tangga telah terlewati, terdapat pos pengawasan dimana pengunjung bisa beristirahat setelah perjalanan yang melelahkan. Perjuangan menaiki anak tangga belum selesai, setelah itu kami dihadapkan pada tangga yang terbuat dari besi penuh coretan menuju paling puncak dari menara selatan Katedral ini.

Jalan-jalan di Koln

Tangga besi banyak coretan

Akhirnya segala kelelahan terbayar dengan pemandangan yang menakjubkan ke segala penjuru kota Köln. Dari puncak menara kita bisa melihat sungai Rhein dengan segala keindahannya, jembatan Hohenzollernbrücke dengan kesibukan lalu lintas kereta diatasnya, bangunan bangunan megah, dan orang-orang dibawah yang tampak sangat kecil.

Ukiran-ukiran gaya Gotik Eropa yang sangat detail hingga di bagian-bagian terkecil dan megahnya pilar-pilar yang menopang Katedral ini terpampang sangat jelas. Luar biasa !

Jalan-jalan di Koln

Dari puncak menara Kölner Dom : Sungai Rhein

Jalan-jalan di Koln

Dari puncak menara Kölner Dom : Jembatan Hohenzollernbrücke dan lalu lintas kereta

Jalan-jalan di Koln

Dari puncak menara Kölner Dom : Pemandangan kota Köln

Jalan-jalan di Koln

Dari puncak menara Kölner Dom : Pemandangan kota Köln

Jalan-jalan di Koln

Selfie 🙂

Jalan-jalan di Koln

Marla

Jalan-jalan di Koln

Marla lagi

Jalan-jalan di Koln

Saya… hehe

Advertisements

3 thoughts on “Jalan-Jalan ke Köln (2) Puncak menara Kölner Dom

  1. Pingback: Jalan-Jalan ke Köln (1) Kölner Dom, Hohenzollernbrücke (jembatan gembok cinta) | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s