Mitfahrgelegenheit : Rahasia murah keliling Jerman

Sambil menyelam minum air. Pepatah ini jelas tidak asing lagi bagi kita orang Indonesia yang sudah sejak dulu diwariskan turun-temurun dari generasi ke generasi, hehe. Sejalan dengan pepatah itu, bagi yang sedang menjalani hidup sebagai perantau di negeri orang tentu memiliki keinginan untuk jalan jalan menikmati kota lain disekitarnya. Apalagi di negara seperti Jerman yang mempunyai banyak sekali kota-kota tujuan wisata yang tersebar dari utara ke selatan, timur ke barat.

Namun seringkali menjadi pertanyaan apakah dengan budget yang minim bisa keliling Jerman ? Jawabannya Ya, bisa ! “Mitfahrgelegenheit”. Inilah cara yang paling sering saya, Marla, dan teman-teman lakukan untuk menikmati jalan-jalan keliling Jerman bahkan negara lain di Eropa dengan biaya murah ala Backpacker.

Mitfahren ini adalah istilah dimana seseorang (sebut saja mawar) yang berencana pada hari sekian jam sekian akan melakukan perjalanan dari kota “A” menuju kota “B”. Adapun mobil si mawar masih memiliki tempat duduk kosong mengingat perjalanannya akan ditempuh seorang diri. Maka dengan senang hati mawar menawarkan tempat duduk kosong tersebut kepada melati dan anggrek (baca: kita) yang berencana pergi ke kota yang sama. Setelah sampai, si melati dan anggrek akan membayar sejumlah uang kepada mawar yang sudah memberikan tumpangan.

Murah keliling jerman

Ilustrasi Mitfahrgelegenheit

Jadilah azas win-win-solution berlaku dalam situasi ini. Keuntungan mawar (pengemudi): mendapat teman ngobrol selama berkendara, plus menerima bayaran yang setidaknya bisa menutupi biaya bahan bakar. Keuntungan melati dan anggrek (nebeng-ers): mendapat tumpangan ke kota tujuan dengan biaya yang jauh lebih murah dari tiket kereta dan bus. Dengan begini kedua belah pihak sama-sama dintungkan.

Sampai disini saya rasa sudah jelas mengenai konsep Mitfahrgelegenheit. Pertanyaan selanjutnya bagaimana kita bisa menemukan si mawar ? alias pengendara yang menyediakan tumpangan. Caranya cukup mudah, hanya bermodalkan jaringan internet dan anda akan menemukan beberapa jasa Mitfahrgelegenheit yang website-nya bisa di akses kapan saya. Beberapa diantaranya yaitu Mitfahrzentrale.de, Mitfahrgelegenheit.de, dan masih banyak lagi. Saya lebih menyarankan anda mencari di Bla-Bla Car karena sesuai pengalaman, mencari tumpangan disini sangat mudah dan sampai saat ini track recordnya baik menurut saya.

Ini penjelasannya :

  1. Masuk ke www.blablacar.de

  2. Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, kemudian masukkan kota asal (lingkaran hijau) dan kota tujuan (merah) serta tanggal keberangkatan (kuning). Saya mengambil contoh dari kota Hannover dengan tujuan kota Berlin pada tanggal 31 Oktober 2014. Setelah itu klik Finden untuk menemukan tumpangan yang tersedia sesuai kebutuhan anda.

  1. Masukkan alamat email anda sebagai media komunikasi dengan si pengendara. Tapi biasanya setelah ada kesepakatan si pengendara akan memberikan nomor teleponnya.

4.Akan muncul daftar pengendara yang tersedia pada tanggal dan kota tujuan yang sama dengan keinginan anda beserta besaran harga yang bervariasi. Perhatikan beberapa petunjuk seperti larangan merokok, membawa hewan peliharaan dan fasilitas music selama perjalanan. Foto si pengendara juga sepertinya patut dipertimbangkan, hehehe.

  1. Pilihan ada di tangan anda. Setelah merasa cocok, silahkan memulai komunikasi dengan mengirimkan pesan bahwa anda tertarik untuk menumpang perjalanan bersama si pengemudi.

  2. Perhatikan titik pertemuan (treffpunkt) yang disepakati dengan si pengemudi, dan usahakan datang tepat waktu.

Ibarat Simbiosis Mutualisme, Mitfahrgelegenheit sangat membantu kita yang ingin melakukan perjalanan dengan biaya murah. Perlu diketahui layanan Bla-Bla Car ini tidak hanya di Jerman tapi juga melayani untuk tujuan ke kota-kota diluar negeri. Pengalaman liburan kami ke Paris menggunakan Mitfahrgelegenheit sebagai transportasi pergi dan kembali, hasilnya memuaskan (Baca: Liburan di Paris (1) Bienvenue !). Selain hemat, lebih nyaman melakukan perjalanan jarak jauh dengan kendaraan pribadi dan lebih cepat tentunya. selamat mencoba

Rahasia murah keliling jerman

Deal, ketemuan, berangkat !

Advertisements

5 thoughts on “Mitfahrgelegenheit : Rahasia murah keliling Jerman

  1. Awalnya saya pikir, yg ikut numpang nyetop di jalanan 😀 . Ooohh ternyata harus daftar di websitenya dulu ya 😉 . Klo sdh lihat foto dan profil yg punya mobil dan yg ikut numpang yg tenang juga ga spt penumpang yg dijalan pengen ikut numpang 😆 .

    • Iya mbak, memang pertama kali agak ragu, tapi sejauh ini sudah berkali-kali naik mitfahrgelegenheit pengalamannya bagus-bagus kok… waktu di Indonesia ya sering juga sih numpang nyetop di jalan 😀

  2. Pingback: Liburan Tahun Baru di Berlin (1) Brandenburger Tor, Victory Column | Memorabilia

  3. Pingback: Liburan Tahun Baru di Berlin (2) Reichstagsgebäude, Berliner Dom, | Memorabilia

  4. Pingback: Meine Urlaubsplanung für das Jahr 2015 (Rencana liburan di tahun 2015) | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s