Malam pergantian tahun di Brandenburger Tor Berlin

Melihat dan merasakan malam pergantian tahun di gerbang Brandenburg awalnya mungkin hanyalah mimpi bagi saya. Setiap tahunnya di tempat ini menjadi salah satu dari perayaan tahun baru termegah di dunia. Namun tak terbayangkan akhirnya diakhir tahun 2014 memasuki tahun 2015 kami menjadi bagian dari satu juta lebih orang yang membanjiri jalan 17 Juni Berlin sepanjang 2 KM dari Brandenburger Tor sampai Siegessäule (Victory Column).

Sekitar pukul 21.00 mulai dari Berlin Hauptbahnhof sampai Friedrichstraβe Bahnhof dipenuhi banyak sekali orang yang sepertinya akan mengarah ke Brandenburger Tor. Normalnya untuk menuju kesana kita bisa turun di stasiun Brandenburger Tor menggunakan S-1, S-2, maupun U-55. Tetapi kusus hari itu stasiun Brandenburger Tor ditutup untuk semua lalu lintas kereta mengingat banyaknya orang yang akan merayakan pergantian tahun disana.

Diberlakukan sistem ini sepertinya sangat tepat agar arus pengunjung menuju Brandenburger Tor bisa terpencar di beberapa stasiun terdekat untuk menghindari berdesak-desaknya penumpang. Kamipun turun di stasiun Potsdamer Platz dan melanjutkan dengan berjalan kaki. Normalnya dari stasiun Potsdamer Platz menuju Brandenburger Tor hanya berjarak kurang dari 1KM atau 10 menit jalan kaki. Tetapi malam itu akses menuju puncak pelaksanaan acara pergantian tahun dibuat hanya satu pintu yaitu dari jalan 17 Juni atau tepatnya di tugu Victory Column, jadi akses dari sisi kiri kanan maupun belakang ditutup dan dijaga ketat oleh polisi.

Mau tidak mau kami harus jalan kaki berputar melalui Tiergartenstraβe dan melalui jalan pintas di dalam Groβer Tiergarten bersama begitu banyaknya orang hingga menutupi seluruh badan jalan. Tiba di puntu masuk utama, dilakukan pemeriksaan bagi yang hendak masuk dilarang membawa benda tajam maupun botol minuman. Beberapa lapis pemeriksaan dilewati hingga tiba di pusat keramaian dan larut dalam kemeriahan menantikan pergantian tahun.

Pergantian Tahun di Berlin Jerman

Menantikan detik-detik pergantian tahun

Acara di gerbang Brandenburg ini mengusung tema “20 years Silvester in Berlin” (20 tahun malam tahun baru di Berlin). Seperti tahun-tahun sebelumnya sejak pukul 21.00 diadakan konser musik yang diisi oleh artis-artis ternama Jerman dan tidak dipungut biaya masuk untuk siapa saja yang ingin masuk.

Pergantian Tahun di Berlin Jerman

20 years Silvester in Berlin

Saat yang dinantikan pun tiba, tepat pukul 00.00 Waktu Eropa Tengah (CET) sebanyak 6000* buah roket kembang api (*sumber: ZDF TV) meyala diatas langit Berlin diiringi musik klasik menandakan tahun yang baru telah tiba. Semarak pergantian tahun ini merupakan yang terbesar di Jerman, tentunya sungguh luar biasa pengalaman malam itu. Setelah pesta kembang api selesai, konser musik tetap dilanjutkan sampai menjelang pagi hari.

HAPPY NEW YEAR BERLIN ! WELCOME 2015!

Pergantian Tahun di Berlin Jerman

Pergantian Tahun di Brandenburger Tor

Pergantian Tahun di Berlin Jerman

Pergantian Tahun di Brandenburger Tor

Pergantian Tahun di Berlin Jerman

Pergantian Tahun di Brandenburger Tor

Pergantian Tahun di Berlin Jerman

Pergantian Tahun di Brandenburger Tor

Advertisements

9 thoughts on “Malam pergantian tahun di Brandenburger Tor Berlin

  1. Rame banget yaa. Aku cuma nonton dari tv.
    Lucu deh kan david haselhof nyanyi, sdh selesai musik dia msh nyanyi aja, pdhl penyanyi lain sdh mulai nyanyi. Si David malah ngikut2 nyanyi, trus dijemput petugas ditarik spy turun. Suamiku komen “di Jerman semua serba ada aturannya, hrs tepat waktu” haha 😆 .

    • Oh ada kejadian begitu ya mbak ?, hahaha lucu. tidak sempat lihat langsung sih, gimana orang yang diatas panggung kecil sekali. Untung ada tersedia layar tancap, hehe mungkin saat petugas menjemput di David, kameranya sengaja diarahkan ke tempat lain 😀

  2. Pingback: Liburan Tahun Baru di Berlin (1) Brandenburger Tor, Victory Column | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s