Liburan Tahun Baru di Berlin (1) Brandenburger Tor, Victory Column

Hallo temans… Meskipun agak terlambat terimalah ucapan Selamat Tahun Baru untuk kalian yang menyempatkan diri membaca tulisan-tulisan di blog saya. Semoga kesuksesan dan berkat yang melimpah selalu menjadi bagian dari kehidupan teman-teman di tahun 2015, amin. Oh iya… ada yang baru di awal tahun ini, hehe perkenalkan nama baru libertymr.com. Sudah tidak lagi menggunakan binti WordPress di belakangnya. Cieee…

Nah Ja, langsung saja pada inti postingan kali ini tentang pengalaman kami merayakan liburan tahun baru di Berlin. Kota ini sendiri menjadi ibukota Republik Federal Jerman sejak tahun 1994 menggantikan kota Bonn setelah sebelumnya dipisahkan oleh tembok Berlin menjadi dua bagian yaitu Timur dan Barat.

Pasti semua sudah tidak asing lagi dengan sejarah perang dingin BRD dan DDR. Ya, ketegangan diantara Bundesrepublik Deutschland (Jerman Barat) dan Deutsche Demokratische Republik (Jerman Timur) nanti berakhir pada tahun 1989 ditandai dengan runtuhnya tembok Berlin. Setahun kemudian yaitu tepatnya 3 Oktober 1999 barulah secara resmi kedua belah pihak ini disatukan menjadi Negara Federal Jerman.

Itulah sekilas sejarah singkat tentang kota metropolitan kaya sejarah ini. Tidak heran setiap harinya banyak sekali wisatawan yang berlibur disini. Beberapa minggu lalu kamipun berkesempatan mengunjungi Berlin. Bisa dibilang backpacking ke Berlin kali ini terjadi secara tidak sengaja.

Ceritanya begini, pada tanggal 30 Desember tengah malam iseng menghubungi teman yang baru saja beberapa hari sebelumnya tiba di Berlin mengikuti suami yang tinggal disana. Setelah basa basi Tanya kabar, berbincang bincang lewat Facebook singkat cerita dia mengajak kami untuk jalan-jalan ke Berlin dan bermalam dirumahnya. Seketika itupun naluri backpacker langsung bereaksi, mumpung penginapan gratis, hahaha kapan lagi kalau bukan sekarang.

Malam itu juga kami langsung memesan Mitfahrgelegenheit untuk perjalanan besok hari tanggal 31 Desember sekalian perjalanan pulang tanggal 1 Januari. Harganya lumayan murah yaitu 14 € per orang dari Hannover ke Berlin, dan 15€ per orang dari Berlin kembali ke Hannover. Perbedaan harga yang sangat besar dibanding harus menggunakan Bahn atau Bus. Kenapa bisa begitu ? baca tulisan saya tentang Mitfahrgelegenheit : Rahasia Murah Keliling Jerman.

Hari terakhir di tahun 2014, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 3 jam menggunakan mobil dari Hannover, sekitar pukul 17.00 CET tibalah kami di Zoologischer Garten Hauptbahnhof Berlin. Di daerah ini masih tampak sisa sisa salju yang menggunung di pinggiran jalan. Selanjutnya kamipun meneruskan perjalanan menggunakan U-Bahn. Sistem transportasi di Berlin secara umum sama dengan kota-kota lain di Jerman namun dengan rute yang cukup rumit. Secara jelas bisa dibaca pada postingan selanjutnya tentang Transportasi di Berlin.

Setibanya dirumah teman kami langsung disambut dengan indomie kuah soto. Dahsyat!!! Setelah berbulan bulan lamanya akhirnya bisa makan indomie juga. Hahaha. Beberapa jam melepas lelah, berbincang bincang, temu kangen kawanua, akhirnya tibalah saat yang ditunggu tunggu, merayakan detik-detik pergantian tahun. Ya, rencana kami malam ini yaitu melihat pesta kembang api di Brandenburger Tor, cerita selengkapnya bisa dibaca di postingan ini : Malam Pergantian Tahun di Brandenburger Tor Berlin.

Brandenburger Tor

Matahari bersinar cerah di hari pertama tahun 2015, setelah pamitan kamipun bergegas memulai petualangan menjelajah ibukota. Tujuan pertama yaitu kembali ke Brandenburger Tor. Dalam Bahasa Indonesia disebut Gerbang Brandenburg adalah bekas gerbang kota yang menjadi simbol utama Berlin juga simbol yang paling terkenal dari negara ini. Terletak diantara Pariser Platz dan Platz des 18. März merupakan satu-satunya gerbang yang tersisa yang sebelumnya dijadikan pintu masuk ke Berlin.

Liburan di Berlin

Brandenburger Tor

Liburan di Berlin

Brandenburger Tor

Liburan di Berlin

Brandenburger Tor

Liburan di Berlin

Brandenburger Tor

Gerbang ini dibangun oleh Carl Gotthard Langhans sejak tahun 1788 hingga 1791 atas usulan dari Friedrich Wilhelm II sebagai simbol perdamaian. Terdiri dari dua belas kolom Doric, enam di setiap sisi, membentuk lima pintu masuk menuju jalan raya. Warga hanya diperbolehkan menggunakan bagian sisinya. Di atas gerbang adalah Quadriga, dengan Viktoria, dewi kemenangan Romawi mengendarai Quadriga. Adapun Quadriga ini menghadap ke sisi Timur.

Liburan di Berlin

Stasiun Brandenburger Tor

Untuk menuju ke tempat ini, kita bisa menggunakan Straβen Bahn nomor 1 dan 2 juga U-Bahn nomor 55 dari Hauptbahnhof turun di stasiun Brandenburger Tor. Disamping kiri lokasi Gerbang Brandenburg terdapat kedutaan besar negara Prancis dan di sisi kanan adalah kedutaan besar Amerika Serikat untuk Jerman.

Victory Column

Di sisi sebaliknya, atau arah belakang Quadrika juga terdapat halaman luas yang biasa digunakan untuk pesta rakyat maupun konser seperti acara penyambutan tim nasional Jerman yang meraih juara dunia di Brasil, juga pesta pergantian tahun malam sebelumnya. Lokasi ini juga menghubungkan Gerbang Brandenburg dengan Victory Column melalui Straβe des 17. Juni.

Liburan di Berlin

Victory Column

Victory Column adalah monument yang di puncaknya terdapat patung emas dan di dirikan untuk memperingati kemenangan kerajaan Prussia dalam perang melawan bangsa Denmark. Dibangun diatas dasar granit merah yang dipoles, terdapat bagian seperti ruangan kecil yang dilingkari pilar-pilar bagian sisinya serta menara tinggi yang menopang si patung emas. Luar biasa !

Tidak jauh dari lokasi ini juga terdapat bangunan penting bagi pemerintahan Negara Jerman yaitu gedung Parlemen Federal. Nantikan postingan selanjutnya.

Advertisements

7 thoughts on “Liburan Tahun Baru di Berlin (1) Brandenburger Tor, Victory Column

    • Iya… hehehe jadi lebih singkat namanya, gak pake wordpress lagi 😀
      Pada dasarnya S-Bahn itu semua kereta dalam kota yang jalurnya di permukaan tanah. Entah itu diatas jalan raya (bareng sama mobil), maupun disamping jalan.
      Kalau U-Bahn, pada dasarnya adalah kereta yang jalurnya di bawah tanah (terowongan).
      Tapi bisa juga loh kayak di Hannover, kereta yang sama ketika dia lewat jalan raya disebut S-Bahn, ketika dia masuk beberapa stasiun dibawah tanah sebutannya U-Bahn.
      Intinya, yang Jadi patokan disini bukan keretanya mbak, melainkan stasiunnya. hahaha 😀

  1. Pingback: Liburan Tahun Baru di Berlin (2) Reichstagsgebäude, Berliner Dom, | Memorabilia

  2. Pingback: Gallery foto wisata sejarah di kota mega modern Berlin | Memorabilia

  3. Pingback: Wisata Berlin dan sekitarnya | supertimin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s