Gallery Foto Wisata Sejarah di Kota Mega Modern Berlin

There are many people in the world who really don’t understand -or say they don’t- what is the great issue between the free world and the Communist world. Let them come to Berlin! (John F. Kennedy)

Mengunjungi Berlin saat ini mungkin tidak akan ada di benak kita bahwa 54 tahun yang lalu kota ini terbagi menjadi dua kekuatan besar yaitu Berlin barat dibawah kendali negara-negara barat dan Berlin timur dibawah kendali komunis Uni Soviet. Dilihat dari segi geografis kota Berlin sebenarnya masuk dalam wilayah pendudukan Soviet, namun sebagiannya tetap dikuasai oleh Barat.

Hingga tahun 1960, Soviet memaksa warga Jerman Timur terpisah dengan Jerman Barat dan menjadikannya bagian dari negara satelit. Pengekangan ini menyulut arus perpindahan penduduk secara besar-besaran. Kurang lebih sekitar 3.000.000 warga Jerman Timur pindah ke Jerman Barat untuk meraih kehidupan dan penghidupan yang lebih baik.

Memasuki tahun 1961, setiap harinya terjadi perpindahan 1.000 warga Jerman Timur ke Barat. Adapun mereka yang berpindah termasuk sumber daya manusia unggul seperti buruh terlatih, kaum intelek, dan para profesional di bidangnya. Mengatasi hal itu pemimpin komunis Jerman Timur atas izin Uni Soviet menutup segala akses penghubung antara barat dan timur.

Presiden Amerika Serikat John F Kennedy menyatakan hanya bisa menolong warga Berlin dan Jerman Barat. Aksi apa pun atas nama Jerman Timur hanya akan berakhir kegagalan. Sejarah panjang yang menyedihkan bagi rakyat Jerman.

Namun sekarang Berlin telah menjadi kota metropolitan yang sangat maju, canggih, dan modern. Ibarat dua sisi yang berbeda, dibalik keindahan kota Berlin dengan segala gemerlapnya tersimpan cerita perjuangan yang dibungkus oleh sejarah menjadikan daya tarik istimewa bagi siapa saja untuk mengunjunginya.

Inilah beberapa foto yang kami abadikan di Berlin, liburan tahun baru sambil belajar sejarah di kota mega modern 😀 Cerita selengkapnya baca : Liburan Tahun Baru di Berlin (1) Brandenburger Tor, Victory Column, (2) Reichstagsgebäude, Berliner Dom, Fernsehturm.

Advertisements

7 thoughts on “Gallery Foto Wisata Sejarah di Kota Mega Modern Berlin

  1. Kami juga mau ke Berlin, nunggu si kecil gedean dikit biar bisa radak enjoy exploring Berlin. Next kita mau ke Zugspitze! Atau ke Berlin pas winter masuk 2016, hehe. Keren2 shotnya!

  2. Pingback: Gaji Papa Berapa ? | Ilustrasi Rohani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s