Liburan Tahun Baru di Berlin (2) Reichstagsgebäude, Berliner Dom, Fernsehturm

Postingan ini adalah lanjutan cerita dari pengalaman kami berlibur ke Berlin pada tahun baru 1 Januari 2015. Sebelumnya kami sudah mengunjungi Brandenburger Tor dan Victory Column. Destinasi selanjutnya adalah gedung parlemen federal Jerman. Dari Gerbang Brandenburg tersedia U-Bahn jalur pendek nomor-55 yang hanya menghubungkan tiga stasiun yaitu Brandenburger TorReichstagsgebäudeHauptbahnhof.

Tapi bagi anda yang ingin menikmati pemandangan disekitar bisa juga dengan jalan kaki beberapa menit melalui Ebertstraβe dan sampai di gedung parlemen. Mengingat saat itu sementara Winter dengan suhu sekitar 0° celsius maka kami putuskan untuk menggunakan U-Bahn dan turun di stasiun Reichstagsgebäude. Sengaja kami membeli tagesticket agar bisa sepuasnya naik-turun Bahn sampai jam 3 besok harinya.

Reichstagsgebäude

Tiba di halaman gedung parlemen federal Jerman kami langsung disuguhkan pemandangan megahnya bagunan ini. Reichstagsgebäude dibangun dengan gaya arsitektur Neo-Renaissance oleh arsitek Paul Wallot dalam kurum waktu tahun 1884 sampai 1894. Oleh karena perang dunia kedua bangunan ini rusak parah dan diperbaiki pada tahun 1960 menjadi lebih modern, kemudian dilakukan perubahan besar-besaran pada tahun 1991 sampai tahun 1999.

Gedung Reichstag ini didirikan sebagai tempat di mana Reichstag, atau parlemen Kekaisaran Jerman, akan bersidang. Dalam percakapan sehari-hari orang Jerman menggunakan istilah Reichstag yang merujuk kepada gedungnya, sedangkan Bundestag merujuk kepada institusinya.

liburan di berlin

Reichstagsgebäude

liburan di berlin

Reichstagsgebäude

liburan di berlin

Reichstagsgebäude

liburan di berlin

Reichstagsgebäude

Gedung parlemen federal Jerman ini banyak dikagumi karena bentuknya yang khas, serta memiliki sebuah kubah yang terdiri dari baja dan kaya yang mengekspresikan kemajuan Tekhnik saat itu. Gedung ini bisa dikatakan merupakan hadiah kepada rakyat Jerman, pada gerbang masuk utama, ada sebuah tulisan Dem Deutschen Volke yang artinya ialah “Kepada Rakyat Jerman”. Di bagian depan terdapat halaman luas yang biasa digunakan pengunjung untuk mengambil gambar.

Setelah puas melihat-lihat dan berfoto ria, kami melanjutkan perjalanan menggunakan U-Bahn 55 dan turun di Hauptbahnhof. Stasiun utama Berlin ini terletak di lokasi bersejarah Lehrter Bahnhof dengan desain yang sangat modern di dominasi oleh material kaca yang elegan. Berlin Hauptbahnhof diklasifikasikan sebagai stasiun Kategori 1, salah satu dari dua puluh di Jerman dan empat diantaranya di Berlin, yang lainnya adalah Gesundbrunnen Berlin, Berlin Südkreuz dan Berlin Ostbahnhof.

liburan di berlin

Berlin Hauptbahnhof

liburan di berlin

Berlin Hauptbahnhof

liburan di berlin

Berlin Hauptbahnhof

Salah satu yang menarik saya temui di Berlin Hauptbahnhof yaitu setiap petugas yang kami temui semua berbahasa Inggris. Hal yang langka di Jerman, mungkin hanya di Berlin. Mereka mengira kami turis dari Asia yang tidak bisa bahasa Jerman, hahaha padahal sebaliknya. Setelah hampir satu tahun tinggal disini malah jadi kewalahan kalau harus berbicara bahasa Inggris.

Berliner Dom

Tak terasa hari semakin gelap, saat itu sudah menunjukkan sekitar pukul 16.00 CET. Tujuan selanjutnya adalah mengunjungi Berliner Dom atau Katedral Berlin, salah satu ikon pariwisata kota Berlin. Dari Hauptbahnhof menuju ke Hackescher Markt yaitu stasiun terdekat dengan lokasi Katedral Berlin adalah menggunakan RE1, atau bisa juga dengan S-7, S-75, dan S-5.

Berliner Dom terletak di Museumsinsel di wilayah Mitte. Awalnya saya mengira Katedral ini milik gereja Katholik, tapi ternyata adalah tempat ibadah Gereja Paroki Agung dan Kolegiat (Oberpfarr- und Domkirche) Injili (Protestan) di Berlin. Katedral ini dibangun pada 1905 namun situsnya bekas situs gereja-gereja yang lebih tua.

Gereja pertama didirikan pada 1465. Ia beberapa kali direnovasi dan diperlebar. Pada 1895 dibongkar total atas perintah Kaisar Willem II. Ia selesai dibangun ulang pada 1905 oleh arsitek Julius Raschdorff. Pada Perang Dunia II, katedral ini rusak berat karena serangan bom Sekutu. Ia diperbaiki perlahan-lahan hingga selesai dipugar 1993.

liburan di berlin

Berliner Dom

liburan di berlin

Berliner Dom

liburan di berlin

Berliner Dom

Fernsehturm

Salah satu yang tidak menyenangkan ketika berlibur pada saat Winter adalah waktu terang sangat singkat. Saat itu sekitar pukul 16.00 CET langit sudah gelap, untungnya dari dekat Berliner Dom kami dapat menikmati pemandangan Fernsehturm atau menara TV yang memang diterangi oleh cahaya lampu sehingga masih terlihat jelas.

Fernsehturm adalah menara televisi yang terletak di pusat kota Berlin, Jerman. Menara ini adalah salah satu markah tanah yang terkenal di Berlin, dan terletak sangat dekat dengan Alexanderplatz, menara ini dibangun antara tahun 1965 dan 1969 oleh Republik Demokratik Jerman. Oleh pengurus GDR menara ini dianggap sebagai simbol kota Berlin, sampai sekarang, dikarenakan menara ini dapat terlihat dari distrik sentral dan pinggiran kota Berlin.

liburan di berlin

Fernsehturm

Ketinggian menara ini mencapai 365 meter (1198 kaki), namun bertambah menjadi 368 meter (1207 kaki) setelah menara tersebut dipasangi antena. Fernsehturm adalah menara berdiri bebas keempat tertinggi di Eropa, setelah Menara Ostankino di Moskwa, dan Menara Televisi Kiev dan Menara Televisi Riga.

Kami harus mengakhiri perjalanan karena pukul 19.00 CET kami akan dijemput oleh Mitfahrgelegenheit menuju Hannover. Sungguh perjalanan singkat namun membawa kesan yang dalam, apalagi dilakukan tepat di hari pertama tahun 2015. Sekali lagi Selamat Tahun Baru ! Herzliche Glückwünsche zum Neuen Jahr !

Advertisements

One thought on “Liburan Tahun Baru di Berlin (2) Reichstagsgebäude, Berliner Dom, Fernsehturm

  1. Pingback: Gallery foto wisata sejarah di kota mega modern Berlin | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s