Mengenal Transportasi Umum di Kota Berlin

Sebagai ibukota negara juga kota pariwisata tentunya salah satu aspek yang terpenting adalah sarana transportasi umum. Seperti umumnya kota-kota di Jerman, Berlin memiliki sarana transportasi dengan infrastruktur yang modern dan saling terhubung. Kenyamanan dalam mobilitas masyarakat maupun wisatawan menjadi prioritas di Berlin.

Salah satu bukti bahwa Pemerintah serius menjadikan Berlin sebagai kota tujuan wisata dunia adalah dengan mempersiapkan para petugas angkutan umum untuk bisa fasih berbahasa Inggris. Berbeda halnya dengan di Ibukota Prancis yang semua petugas pelayanan public enggan berbahasa Inggris.

Berikut ini sarana transportasi umum yang tersedia di Berlin :

1. U-Bahn

U-Bahn di Berlin memiliki 10 linie (jalur) yang membentang sepanjang 146 Kilometer dengan terdiri dari 143 stasiun kereta. Sebagian besar jalur U-Bahn beroperasi di bawah tanah, tetapi ada beberapa jang melalui trek diatas tanah. U-Bahn Berlin sangat terkenal dengan warna kuning-nya yang nyentrik.

U-Bahn Berlin dikelola oleh Berliner Verkehrsbetriebe (BVG) dan merupakan bagian dari asosiasi transportasi Berlin-Brandenburg (VBB). Jadi tiket yang digunakan untuk U-Bahn juga berlaku untuk perjalanan dengan Bus, S-Bahn, Trem, juga sebaliknya. Tiket dapat dibeli di mesin tiket yang tersedia disetiap stasiun juga bisa dibeli di counter tiket di Hauptbahnhof.

Pada setiap hari kerja, U-Bahn Berlin beroperasi sejak pukul 04.00 sampai 01.00 besok harinya. Diluar waktu beroperasi U-Bahn, yaitu diatas jam 01.00 sampai jam 03.59 tersedia Bus malam yang melayani transportasi umum. Pada siang hari U-Bahn berjalan setiap interval 5 menit dan pada malam hari setiap interval 10 menit. Pada akhir pekan U-Bahn beroperasi selama 24 jam, di siang hari dengan interval 10 menit, dan malam hari setiap interval 15 menit.

Transportasi Umum di Berlin Jerman

U-Bahn di Berlin

2. S-Bahn

S-Bahn di Berlin memiliki 15 linie pada jaringan regional dengan panjang sekitar 330 Kilometer dengan terdiri dari 170 stasiun kereta. Trek yang ditempuh S-Bahn sebagian besar berjalan diatas tanah dan melewati stasiun S-Bahn dengan cirri khasnya yaitu simbol huruf S warna hijau dan putih.

S-Bahn di Berlin merupakan anak perusahaan dari Deutsche Bahn dan merupakan bagian dari Asosiasi Transportasi Berlin-Brandenburg (VBB). Oleh karena itu tiket S-Bahn juga berlaku untuk bus, U-Bahn, trem dan sebaliknya. Tiket tersedia di mesin tiket pada setiap stasiun atau pada titik-titik penjualan di Hauptbahnhof.

Pada setiap hari kerja, S-Bahn mulai beroperasi sekitar pukul 04:30 dan berhenti pada pukul di 01:30 Tergantung pada waktu siang kereta berjalan setiap 5, 10 atau interval 20 menit. Pada akhir pekan, S-Bahn beroperasi selama 24 jam, pada malam hari dalam interval 30 menit.

Transportasi Umum di Berlin Jerman

S-Bahn di Berlin

3. Tram & Metrotram

Tram berfungsi memperluas jaringan rute dari U-Bahn dan memiliki lebih dari 20 jalur trem yang beroperasi di Berlin, terutama di bagian timur kota. Linie Metrotram beroperasi lebih sering daripada trem biasa.

Tram dan Metrotram di Berlin dikelola oleh Berliner Verkehrsbetriebe (BVG) dan milik Asosiasi Transportasi Berlin-Brandenburg (VBB). Jadi tiket U-Bahn juga berlaku untuk perjalanan dengan bus, S-Bahn, trem dan sebaliknya. Mesin pembelian tiket dapat ditemukan di dalam trem tetapi juga dapat dibeli di mesin tiket pada setiap stasiun S-Bahn dan U-Bahn atau counter tiket di Hauptbahnhof.

Tram dan Metrotram berjalan pada jadwal yang berbeda. Selain itu,linie Metrotram beroperasi pada malam hari bahkan pada hari kerja. Metrotram memiliki sembilan linie (1 sampai 17) yang dilengkapi dengan 13 jalur trem (12-68). Linie dari Metrotram ditandai dengan “M”. Pada siang hari linie-linie ini berjalan setidaknya setiap sepuluh menit. Pada malam hari (dari 00:30) mereka berjalan dalam interval 30 menit.

Transportasi Umum di Berlin Jerman

Tram di Berlin

4. Bus

Layanan transportasi di daerah perkotaan Berlin disediakan oleh beberapa jalur bus umum dari BVG. Mereka mencakup rute yang tidak terjangkau oleh angkutan umum lainnya. Sebuah fitur khusus dari Berlin adalah bus double-decker yaitu deck bagian atas menawarkan pemandangan.

Pada siang hari, jalur bus 100-399 menghubungkan pinggiran kota dengan pusat kota atau S-Bahn dan U-Bahn stasiun. Selain itu, terjapat juga yang namanya Bus Metro. Pada siang hari, Bus Metro M11 sampai M85 beroperasi 24 jam sehari, tujuh hari seminggu dalam interval 10 menit.

Ada juga terdapat Bus Malam yang ditandai dengan huruf N dan beroperasi sepanjang malam. Linie bus malam N1 sampai N9 menggantikan U-Bahn jalur U1 sampai U9 dari Senin sampai Jumat malam. Bus malam N10 sampai N97 menggantikan linie pada hari-hari penting.

Transportasi Umum di Berlin Jerman

Bus di Berlin

5. Taxi

Di kota Berlin terdapat kurang lebih 7500 unit Taxi. Taksi dapat dipesan dengan cara memanggil langsung, memesan di halte Taxi atau melalui telepon. Dalam kota penetapan harga daerah dilarang, biaya yang harus dibayar penumpang berdasarkan Argometer.

Transportasi Umum di Berlin Jerman

Taxi di Berlin

(Dari berbagai sumber dan pengalaman pribadi)

Advertisements

3 thoughts on “Mengenal Transportasi Umum di Kota Berlin

  1. Pingback: Tarif Tiket Angkutan Umum di Berlin | Memorabilia

  2. Waktu saya ke Berlin saya pake bus 100 dan 200 buat ngelilingin atraksi utama Berlin, kayaknya cukup meng-cover yg penting-penting start dr Alexanderplatz, hehe. Yang jelas, di sini harga tiket transportasinya lebih mahal drpd Eropa yang lain :((

  3. Pingback: Apakah Tuhan menciptakan kejahatan ? | Ilustrasi Rohani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s