Beginilah Proses Terjadinya Salju

Minggu 25 Januari 2015, setelah penantian panjang akhirnya Hannover turun salju, Yeeeaaah!!!… senangnya tidak bisa dibayangkan, secara sebagai orang Indonesia kapan lagi bisa main salju, hehe. Sebenarnya sempat kecewa karena sejak beberapa bulan lalu memasuki Winter di hampir semua kota di Jerman sudah pernah mengalami hujan salju, kecuali Hannover. Kata keluarga saya disini bahwa dua tahun lalu salju di Hannover turun sangat singkat bahkan tahun lalu tidak turun sama sekali.

Update postingan : Winter 2016, Jerman berselimut salju

Proses pembentukan salju

Salju di halaman rumah

Proses pembentukan salju

Salju di halaman rumah

Proses pembentukan salju

Salju di halaman rumah

Padahal disini beberapa kali mengalami suhu dingin mencapai -5˚C hingga -10˚C. Ternyata suhu dibawah 0˚C tidak serta merta akan menciptakan salju, ada beberapa faktor yang menentukan turunnya salju di suatu daerah.

Seperti yang saya baca, pembentukan salju berawal dari uap air yang berkumpul di atmosfer bumi, kemudian kumpulan uap air mendingin sampai pada titik kondensasi, yaitu temperatur dimana gas berubah bentuk menjadi cair atau padat hingga kemudian menggumpal membentuk awan.

Pada saat awal pembentukan awan, massanya jauh lebih kecil daripada massa udara sehingga awan tersebut mengapung di udara. Namun, setelah kumpulan uap terus bertambah dan bergabung ke dalam awan tersebut, massanya juga bertambah, sehingga pada suatu ketika udara tidak sanggup lagi menahannya. Awan tersebut pecah dan partikel air pun jatuh ke Bumi.

Partikel air yang jatuh itu adalah air murni yang belum terkotori oleh partikel lain. Air murni tidak langsung membeku pada temperatur 0˚C, karena pada suhu tersebut terjadi perubahan fase dari cair ke padat. Untuk membuat air murni beku dibutuhkan temperatur lebih rendah dari 0˚C.

Saat pembentukan hujan salju, biasanya temperatur udara tepat dibawah awan adalah dibawah 0˚C (temperatur udara tergantung di ketinggian diatas permukaan air laut). Tapi, temperatur yang rendah saja belum cukup untuk menciptakan salju. Saat partikel-partikel air murni tersebut bersentuhan dengan udara, maka air murni tersebut terkotori oleh partikel-partikel lain. Ada partikel-partikel tertentu yang berfungsi mempercepat fase pembekuan, sehingga air murni dengan cepat menjadi kristal-kristal es.

Partikel-partikel pengotor yang terlibat dalam proses ini disebut nukleator, yang berfungsi sebagai pemercepat fase pembekuan dan perekat antar uap air sehingga partikel air (yang tidak murni lagi) bergabung bersama dengan partikel air lainnya untuk membentuk kristal lebih besar.

Apabila temperatur udara tidak sampai melelehkan kristal es tersebut, maka kristal-kristal es jatuh ke tanah. Kristal-kristal es yang jatuh ke tanah itulah dinamakan salju. Jika tidak jatuh ke tanah, kristal es tersebut meleleh dan sampai ke tanah dalam bentuk air hujan. Terkadang ketika pembentukan salju tidak terjadi secara sempurna maka yang jatuh ke tanah adalah butiran-butiran es. Saya sempat terkecoh waktu lalu saat turun butiran es, dikira salju. Huuh.

Itulah mengapa sampai kapanpun di negara kita tercinta Indonesia tidak akan pernah turun salju. Dalam keadaan dimana proses turunnya hujan dimulai dengan salju, beberapa saat dia jatuh dari awan, tapi kemudian akan mencair saat melintasi udara panas di Indonesia. Pada suhu ekstrim ter dingin di tanah air sekalipun kristal-kristal es itu bisa membentuk bola-bola es kecil dan terjadilah hujan es. Saya jadi teringat fenomena hujan es yang pernah menghebohkan kota Bandung (atau bogor ? saya lupa persisnya).

Salju di Jerman

Hannover in White

Proses pembentukan salju

Putih, bersih, dan lembut

Proses pembentukan salju

“Du bist meine Eiskönigin :*

Nah Ja… Saya bersyukur dalam hidup ini mendapat kesempatan merasakan secara langsung salju turun dari langit seperti kapas yang beterbangan. Sempat berpikir untuk mengambil beberapa mangkok salju, ditambah gula, sirup, dan buah buahan jadilah es cendol. Putih, bersih, dan lembut, oh indahnya salju. Berasa seperti dalam film Disney berjudul Eiskönigin (Frozen).

Der Schnee glänzt weiß auf den Bergen heut’ Nacht,

keine Spuren sind zu seh’n.

Ein einsames Königreich und ich bin die Königin.

Der Wind, er heult so wie der Sturm ganz tief in mir.

Mich zu kontrollier’n, ich hab’ es versucht.

Advertisements

14 thoughts on “Beginilah Proses Terjadinya Salju

  1. Wah akhirnya turun salju juga, beberapa kawan aku yg tinggal di jerman malah awal januari kemarin merasakan salju sedangkan tahun kemarin ngak ada salju sama sekali.

  2. Pingback: (Foto) Winter 2016 | Memorabilia

  3. Pingback: (Foto) Jerman berselimut salju | Memorabilia

  4. g sabar nunggu bln desembr g sabar mau lihat salju d jerman …
    semoga ada salju xiixiiii
    biar g kecewa untuk dtg k sna hehhhhhh

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s