Tarif Tiket Angkutan Umum di Berlin

Kota Berlin memiliki banyak objek-objek wisata yang sayang sekali kalau dilewatkan. Pengalaman kami dua hari liburan di Berlin tidak bisa menjangkau semuanya itu, masih berharap suatu saat nanti kembali ke ibukota negara ini karena ada beberapa tempat penting yang ingin sekali dikunjungi.

Pada dasarnya sistem transportasi di Berlin sangat memudahkan para wisatawan untuk melakukan mobilitas menjelajah kota ini. Dengan hanya menggunakan satu macam tiket , kita sudah memiliki akses ke semua Transportasi umum di Berlin seperti U-Bahn, S-Bahn, Tram, dan Bus. Masalah tarif tergantung zona dan periode tiket yang berlaku.

Zona Tarif & Peta Linie

Peta angkutan umum di Berlin Jerman

Peta zona tarif angkutan umum di Berlin

Berlin dibagi menjadi tiga zona tarif transportasi umum yaitu: AB, BC und ABC. Zona tarif AB meliputi wilayah perkotaan sampai batas kota. Zona ABC melibatkan sekitarnya Berlin dan Potsdam. (Download pdf. Peta zona tarif transportasi umum Berlin). Jika anda ingin secara langsung mencari rute dan stasiun sesuai tujuan anda silahkan buka di situs resmi Berliner Verkehrsbetriebe (BVG).

Tarif Tiket

  • Einzelfahrschein (Tiket satuan)

Tiket satuan ini berlaku untuk satu orang dalam dua jam perjalanan melalui kota. Dengan catatan ini tidak berlaku untuk perjalanan kembali menuju ke arah titik awal. Untuk itu tiket satuan yang baru harus dibeli lagi. Tarif AB : 2.70€ / ermäßigt (potongan harga untuk pelajar, dsb.): 1.70€. Tarif BC : 3.00€ / ermäßigt : 2.10€. Tarif ABC : 3.30€ / ermäßigt : 2.40€.

  • Fahrschein Kurzstrecke (Tiket jarak pendek)

Harga tiket jarak pendek adalah 1.60€ / ermäßigt: 1.20€. Dengan tiket ini anda hanya boleh melakukan perjalanan maksimal 3 stasiun menggunakan U-Bahn dan S-Bahn (Bisa mengganti kereta), dan maksimal 6 stasiun jika menggunakan Bus dan Tram (tanpa mengganti).

  • Fahrkarten für Kinder (Tiket untuk anak-anak)

Anak-anak sampai usia 5 tahun tidak dikenakan biaya. Anak anak mulai 6 sampai 14 tahun dikenakan biaya ermäßigt yaitu 1.70€ (Zona AB).

Tiket Group & Harian / Mingguan / Bulanan / Tahunan

  • Tageskarte (Tiket harian) untuk satu orang

Tiket harian memungkinkan seseorang bepergian dalam kurun waktu satu hari sepuasnya, sebanyak perjalanan yang diinginkan. Tiket ini berlaku mulai dari saat di-validasi sampai pukul 03:00 hari berikutnya dengan biaya 6.90€ / ermäßigt : 4,70 € untuk zona AB.

  • 7-Tage Karte (Tiket 7 hari) untuk satu orang

Tiket tujuh hari ini berlaku selama tujuh hari berturut-turut mulai dari hari validasi. Biaya tiket 29.50 € dan akan berakhir pada hari ketujuh tengah malam.

  • Gruppenkarte bis 5 Personen für einen Tag (Tiket grup sampai 5 orang untuk 1 hari)

Tiket harian untuk kelompok maksimal 5 orang bisa sepuasnya menggunakan semua layanan transportasi umum sampai pukul 03:00 hari berikutnya. Tiket harian kelompok ini harganya 16.90 € di zona tarif AB.

Pembelian Tiket dan Validasi

  • Membeli tiket

Tiket dapat dibeli di mesin penjual otomatis yang tersedia di setiap stasiun S-Bahn dan U-Bahn. Mesin ini juga tersedia dalam multibahasa. Jika anda menggunakan bus, anda dapat membeli tiket langsung dari sopirnya. Sedangkan untuk Trem, di dalam kereta terdapat mesin penjual tiket otomatis. Adapun di beberapa stasiun besar menyediakan konter-konter resmi penjualan tiket yang dilayani langsung oleh petugas.

  • Melakukan Validasi tiket

Tiket harus divalidasi di mesin sebelum naik kereta maupun bus. Mesin validasi ini bisa ditemukan disetiap stasiun maupun di dalam bus dan Tram. Sebuah tiket yang tidak di-cap di mesin validasi dianggap tidak valid.

Angkutan umum di Berlin

Mesin validasi tiket

  • Schwarzfahren (Penumpang gelap)

Yang dimaksudkan dengan penumpang gelap adalah penumpang yang tidak memiliki tiket valid. Siapapun yang tertangkap di angkutan umum tanpa memiliki tiket yang valid harus membayar denda sebesar 40€. Bahkan orang-orang yang tidak sengaja lupa melakukan validasi tiket tetap harus membayar denda.

Catatan: Kontroller tiket selalu menggunakan pakaian seperti penumpang biasa dan tidak akan membuat pengecualian bagi wisatawan. Siapapun yang tertangkap tanpa tiket harus membuktikan identitas lengkap bahkan jika melawan, polisi tidak segan-segan untuk menindak.

Saran dari saya pribadi, semahal apapun biaya tiketnya tetap harus membeli tiket. Kontroller bisa datang kapan saja tanpa diduga. Lebih baik sama sekali tidak menggunakan transportasi daripada nekad menggunakannya tanpa memiliki tiket. Saya sendiri sudah pernah di denda 40€ karena salah membeli tiket. Mungkin pada postingan selanjutnya saya akan ceritakan pengalaman waktu itu. Tapi kejadiannya di Bonn, bukan di Berlin.

Membawa sepeda dan hewan peliharaan

  • Penumpang membawa sepeda

Setiap gerbong S-Bahn, U-Bahn maupun trem, yang mempunyai tanda khusus sepeda memungkinkan penumpang membawa serta sepedanya bila ruang yang tersedia cukup. Dalam keadaan tertentu pengguna kursi roda dan kereta bayi diperlakukan dengan prioritas. Seseorang yang bepergian dengan sepeda dikenakan biaya ekstra sebesar 1,80€ di samping tarif dasar di zona tarif AB.

  • Penumpang membawa hewan peliharaan

Dalam semua angkutan umum Berlin memungkinkan siapa saja membawa hewan peliharaannya namun dengan syarat harus memakai moncong dan harus dirantai. Anjing kecil hingga ukuran kucing rumah diizinkan untuk melakukan perjalanan tanpa biaya jika dipeluk oleh pemiliknya. Jika anjing kecil dan besar dilepas, dikenakan biaya tiket ermäßigt seharga 1,70 €.

(Dari berbagai sumber & pengalaman pribadi)

Advertisements

4 thoughts on “Tarif Tiket Angkutan Umum di Berlin

  1. Pingback: Tempayan yang Retak | Ilustrasi Rohani

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s