DSH-Vorbereitungkurs (Kursus persiapan ujian DSH)

Moin moin,. Postingan ini masih menyangkut DSH atau Deutsche Sprachprüfung für den Hochschulzugang. Mengingat ujian ini adalah syarat untuk bisa melanjutkan studi di Universitas maupun Fachhochschule di Jerman maka penting untuk mempersiapkan diri agar kemungkinan untuk lulus bisa lebih besar.

Oleh karena itu di beberapa Universitas/Fachhochschule yang menyelenggarakan ujian DSH terlebih dahulu membuka program khusus untuk mempersiapkan para peserta (DSH-Vorbereitungkurs). Salah satunya di Leibniz Universität Hannover sejak tanggal 26 Januari sampai 21 Februari 2015, sebanyak 20 peserta termasuk saya digodok setiap harinya dari pukul 09.30 pagi sampai 16.30 sore.

Terdapat lima mata pelajaran yang diberikan yaitu Hörverstehen, Leseverstehen, Textproduktion, Mündliche Prüfung dan Grammatik Wissenschaftssprachliche Strukturen ditambah satu hari praktek interview di pusat kota. Kelima mata pelajaran ini merupakan aspek yang akan diuji dalam DSH.

Manfaat dari mengikuti kursus super intensive ini sangat dirasakan mengingat materi-materi yang diberikan adalah menyangkut hal-hal yang nantinya akan keluar sebagai soal ujian. Setiap hari diberikan latihan-latihan soal agar peserta bisa mengantisipasi dan jadi terbiasa dengan berbagai macam pertanyaan dalam ujian. (Intip contoh soal DSH).

Berdasarkan statistik dari Fachsprachenzentrum (FSZ) Leibniz Universität Hannover dapat dilihat betapa DSH-Vorbereitungkurs berpengaruh terhadap tingkat kelulusan peserta.

Diagram yang pertama adalah statistik perbandingan kelulusan antara peserta yang sebelumnya mengikuti Vorbereitungkurs dengan yang tidak mengikuti Vorbereitungkurs untuk kategori ujian tertulis. Kemudian diagram dibawahnya adalah statistik perbandingan yang sama namun secara keseluruhan (total), dalam hal ini juga sudah menyangkut ujian Lisan (wawancara) didalamnya.

Saya menyarankan teman-teman yang hendak mengambil ujian DSH alangkah baiknya untuk mengikuti kursus persiapan ini. Namun biaya yang dipatok juga tidak main main, setiap peserta harus membayar seharga 600,- € dengan rincian 4,00,- € per jam pelajaran. Bersyukur semua biaya menyangkut kursus bahasa ditanggung oleh Gastfamilie, saya tinggal menjalaninya.

Untuk persyaratan mengikuti Vorbereitungkurs peserta harus sudah menguasai level bahasa Jerman minimal setingkat B-1 dibuktikan dengan sertifikat ujian dari OnDaF atau Goethe Institut. Kursus ini sendiri dibuka sebanyak 5 kali dalam setahun yaitu sebulan sebelum dilaksanakan ujian DSH.

Tapi perlu diketahui bahwa DSH-Vorbereitungkurs ini bukan hal yang wajib, jika teman-teman sudah merasa mampu dan yakin bisa lulus ujian tanpa mengikuti kursus persiapan tidak ada salahnya. Begitu juga sebaliknya meskipun sudah mengikuti kursus tidak menjamin seseorang bisa lulus dalam ujian DSH, tidak ada perlakuan istimewa apalagi kemudahan bagi peserta saat ujian walaupun si penguji adalah para pengajar DSH-Vorbereitungkurs yang tiap hari bertatap muka dalam kelas, hehehe.

Oh iya.., pengalaman suka duka saat mengikuti kursus ini akan saya ceritakan pada postingan selanjutnya. Sukses selalu !

Advertisements

3 thoughts on “DSH-Vorbereitungkurs (Kursus persiapan ujian DSH)

  1. Kalau seandainya suatu hari ada kesempatan untuk bisa mengikuti jejakmu Kak, tentu saja saya akan ikut :haha *cari aman*, karena menurut saya tak ada yang salah dengan kursus/investasi dalam bidang pendidikan :hehe :peace.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s