BUGI : Dari Jerman untuk Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia

Hannover, Sabtu 31 Januari 2015 – setelah perjuangan panjang akhirnya organisasi kami bernama BUGI secara resmi disahkan menjadi eingetragener Verein (disingkat e.V) di Jerman. Setiap organisasi yang terdaftar sebagai e.V berarti telah memiliki badan hukum tetap dan segala sesuatu menyangkut aktifitasnya terikat secara undang-undang.

Apa dan bagaimana itu BUGI ? Siapa saja yang bergerak didalamnya ? serta apa yang bisa dilakukan BUGI untuk Indonesia ? temukan jawabannya disini. Jika anda tergerak dan merasa terpanggil untuk membangun Indonesia, dengan tangan terbuka kami menyambutmu !

(website : www.bugi-ev.org)

Siapa itu BUGI ?

BUGI adalah organisasi yang digerakkan oleh masyarakat internasional dengan berbagai latar belakang kehidupan di Jerman dan mempunyai tujuan yang sama, membangun Indonesia. Di Indonesia masih banyak benang kusut yang harus diurai. Kami memilih untuk bergerak dalam bidang pendidikan dan kesehatan, dua pilar penting penyangga sistem sosial.

Sejak tahun 2012, kami bergerak sebagai kelompok mahasiswa Indonesia yang berdomisili di Jerman menjalankan program-program di bidang pendidikan dan kesehatan yang bersifat informatif, seperti seminar, workshop, pemutaran film dan diskusi (contoh : Putar Film dan diskusi dengan produser : Lola Amaria) Putar disampai pilot project dengan berbagai lembaga di Jerman dan di Indonesia.

Kegiatan yang kami lakukan rupanya menarik untuk kalangan di luar mahasiswa Indonesia. Sampai akhirnya pada bulan Agustus 2014 kami memutuskan untuk memberi nama gerakan inisiatif ini BUGI (Bildung und Gesundheit für Indonesien) – yang artinya Pendidikan dan Kesehatan untuk Indonesia.

Di Jerman sendiri, kami sudah memiliki jaringan yang baik dengan berbagai organisasi lain. Selain itu kami juga mendapatkan dukungan dan jaringan yang baik dari alumni, mahasiswa dan organisasi lain di Indonesia.

Tujuan Kami

Negara yang kuat dan stabil merupakan proyeksi dari berbagai faktor yang bekerja secara sinergis. Kami menyadari bahwa pendidikan dan kesehatan merupakan dua pilar yang sangat penting dalam masyarakat. Dua hal tersebut merupakan fokus kerja kami. Harapan kami adalah turut serta mendukung kemajuan sistem pendidikan dan kesehatan di Indonesia, untuk pendidikan dan pelayanan kesehatan yang merata bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Masalah-masalah besar seperti kurangnya kesempatan mengecap pendidikan dan terbatasnya informasi adalah contoh nyata yang dihadapi sebagian besar masyarakat Indonesia. Kami ingin mengambil peran dalam distribusi pendidikan hingga ke wilayah-wilayah pelosok dan terluar, sehingga pendidikan yang layak boleh juga dirasakan oleh masyarakat marjinal atau yang dimarjinalkan.

Disamping itu, letak geografis dan iklim di Indonesia, ditambah lagi dengan minimnya kesadaran akan pola hidup sehat di masyarakat sangat mendukung penyebaran penyakit menular. Risiko penularan penyakit tertentu seperti misalnya TBC, malaria dan demam berdarah sangat tinggi. Untuk memastikan diagnosis dini dan pengobatan yang tepat, tenaga medis yang cakap dan terjangkau sangatlah penting. Meskipun ini bukan masalah baru di Indonesia, hingga saat ini belum ada sistem kesehatan atau pendidikan yang memadai untuk menyelesaikannya.

Kami menawarkan solusi untuk mendukung kemajuan sistem pendidikan dan kesehatan di Indonesia : Inisiasi sekolah untuk paramedis profesional. Dimulai dari jenjang akademi, dengan bekerjasama dengan universitas dan jenjang sekolah menengah kejuruan.

“Meine Generation, unsere Generation, hat ein Chaos hinterlassen. Es liegt jetzt an Euch, es besser zu machen. Die Zukunft liegt in Eurer Hand. Viel Glück!”

(Christian de Duve, Nobelpreis für Physiologie oder Medizin 1974)

BUGI e.V.

BUGI e.V. team

Advertisements

16 thoughts on “BUGI : Dari Jerman untuk Pendidikan dan Kesehatan di Indonesia

  1. Mantap Kak. Semoga dengan orang-orang hebat seperti personil BUGI, negara ini bisa turut terbantu untuk berkembang ke arah kemajuan! :amin.

  2. Keren idenya, Kak.. Semoga bisa bersinergi dengan kami.. Kami tertarik dengan pendidikan dan kesehatan keluarga terutama wanita dan new mom… Salam kenal, saya Lienda dari Bandung. Sedang melanjutkan pendidikan dimana? 😀

  3. Pingback: Putar Film dan Diskusi dengan Produser : Lola Amaria | Memorabilia

  4. Pingback: Nontong bareng film “Die Before Blossom” dan diskusi bersama Ariani Djalal | Memorabilia

  5. Tim bugi sendiri semua berasal dari orang indonesia yang berada di jerman atau ada dari berbagai kalangan? Program apa saja yang sudah terealisasikan dalam membantu pendidikan dan kesehatan di Indonesia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s