Nonton Bundesliga: Hannover 96 vs FC Bayern München

Sebagai seorang penggemar sepakbola, tinggal di Jerman memberikan kesempatan besar untuk boleh menyaksikan secara langsung pertandingan profesional sekelas Bundes Liga. Tentu sebagai warga Hannover saya (turut) mengidolakan klub kebanggan kota ini yaitu Hannover 96 meskipun tidak se-fanatik kecintaan kepada Inter Milan.

Hannover 96 saat ini menempati posisi ke-12 klasemen sementara, pencapaian yang jauh dari harapan. Minggu lalu tepatnya tanggal 7 Maret 2015, Hannover 96 harus menjamu tim tamu dari selatan, sang pemuncak klasemen yaitu FC Bayern München, klub bertabur bintang dan gudangnya punggawa tim nasional Jerman.

Dalam pertandingan yang berlangsung di HDI Arena, tuan rumah sempat mengejutkan tim tamu saat pemain Timnas Jepang Hiroshi Kiyotake menjebol gawang kiper terbaik dunia Manuel Neuer pada menit ke-25.

Namun FC Bayern tak perlu berlama-lama untuk memberi respons positif atas gol tersebut. Hanya berselang 3 menit kemudian, pemain Timnas Spanyol Xabi Alonso ganti menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Ron Robert Zieler.

Thomas Müller mencetak dua gol penentu 3 angka pada babak kedua yakni melalui penalti pada menit ke-61 dan dengan memaksimalkan assist Franck Ribery 11 menit berikutnya. Skor akhir 1-3 untuk Bayern Munchen.

Kekalahan ini tentunya sangat mengecewakan bagi para supporter termasuk saya, tidak heran selepas gol ke-3 FC Bayern meskipun masih menyisahkan beberapa menit namun pendukung Hannover 96 langsung berbondong-bondong meninggalkan stadion.

HDI-Arena Hannover

HDI-Arena adalah nama resmi yang dipakai stadion kebanggaan Hannover. Sebelumnya pada tahun 1954 sampai 2002 bernama Niedersachsenstadion dan tahun 2002 sampai 2013 diberi nama AWD-Arena. Berkapasitas sebanyak 49.000 tempat duduk, stadion ini pernah menyelenggarakan beberapa pertandingan penting termasuk saat Jerman menjadi tuan rumah Piala Dunia 1974, 1988, dan 2006.

Stadion ini berdiri megah di area Sportpark Calenberger Neustadt tepat diseberang Maschsees (danau buatan yang menjadi daya tarik wisata Hannover). Bisa ditempuh menggunakan Straβen Bahn linie 1,2,4,5,6,8,11 dan turun di Bahnhaltestelle bernama Aegidientorplatz. Kemudian bisa dilanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 1 KM menuju kompleks stadion.

Hannover 96

HDI-Arena

Hannover 96

HDI-Arena

Tiket Pertandingan

Tiket pertandingan Home Hannover 96 bisa dibeli langsung di fanshop satu bulan sebelum hari-H (Tergantung kebijakan dan ketersediaan tiket). Saya sendiri lebih memilih untuk membeli secara online di website www.hannover96.de. Disarankan untuk memesan jauh hari sebelumnya mengingat tiket akan dikirim melalui post ke alamat pembeli.

Harga tiket masuk per orang berfariasi menurut tempat duduk, kategori pertandingan (melawan tim besar atau tim kecil), dan juga umur. Anak-anak dibawah 5 tahun bisa masuk gratis bersama orang tua/pengasuhnya. Usia 6-4 tahun, pelajar, dan orang berkebutuhan kusus mendapatkan potongan harga. Berikut ini rincian harga tiket masuk stadion :

Hannover 96

Harga tiket pertandingan dan denah stadion

Marchendise

Bagi anda yang ingin membeli pernak-pernik marchendise klub Hannover 96 disarankan untuk langsung membeli di fanshop yang berada di beberapa titik area stadion. Pada hari pertandingan, biasanya konter fanshop ini berada dalam mobil container dan mejeng tepat di depan pintu masuk. Kualitas barang-barang yang ditawarkan berstandar original.

Hannover 96

Hannover 96 Fanshop

Hannover 96

Hannover 96 Fanshop

Aturan Masuk Stadion

Saat itu merupakan kali pertama saya menyaksikan pertandingan Hannover 96 secara langsung di stadion (Mengingat lawan kali ini adalah klub terkenal FC Bayern München). Adapun kesalahan terbesar saya yaitu sebelumnya tidak membaca aturan masuk di HDI-Arena. Sialnya ternyata kamera, statis (tripot), handphone, makanan dan minuman tidak diperbolehkan masuk kedalam stadion. Sekalipun kita menyembunyikannya didalam tas, tetap akan digeledah di gerbang sebelum pemeriksaan tiket.

Disarankan bagi anda yang akan menyaksikan pertandingan langsung di stadion-stadion Eropa untuk membaca secara jelas aturan masuk mengingat setiap stadion mempunyai aturan yang berbeda-beda. Singkat cerita, untung ada tersedia loker penyimpanan barang sehingga kamera, statis dan handphone bisa dititipkan tanpa harus pulang kerumah.

Setelah memasuki stadion akhirnya saya bisa melihat alasan mengapa penonton dilarang membawa makanan dan minuman dari luar. Ternyata banyak konter makanan dan minuman yang memanfaatkan ruangan-ruangan di dalam stadion. Segala macam makanan bisa ditemui di situ, seperti Brot, Brötchen, Pommes, Wurst, sandwich, kebab, termasuk pula berbagai macam minuman ringan.

Pada saat jeda pertandingan penonton bisa membeli makanan dan minuman di konter-konter tersebut, tidak perlu lagi keluar stadion. Jadi, jika semua penonoton membawa makanan dan minuman dari luar, takutnya para penjual ini akan rugi, hehe.

Lebih dari itu, yang paling disesalkan adalah saya tidak bisa mengabadikan foto moment/suasana dalam stadion dan selama pertandingan. Tapi anehnya beberapa orang terlihat membawa handphone kedalam stadion, entah dari mana mereka bisa masuk dan mengelabuhi penjaga. Keine Ahnung.

Hannover 96

Gerbang akses masuk stadion

Hannover 96

Hannover 96

Hannover 96

Hannover 96

Advertisements

3 thoughts on “Nonton Bundesliga: Hannover 96 vs FC Bayern München

  1. Pingback: Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan | Memorabilia

  2. Seru ya Kak bisa nonton langsung pertandingan bolanya :hehe. Euforianya pasti beda banget kalau dibandingkan dengan menonton di televisi :)).

  3. Pingback: Kein Englisch, bitte! | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s