Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Kamis tanggal 12 Maret yang lalu klub sepakbola favorit saya Inter Milan melawat ke Jerman dalam lanjutan pertandingan Liga Eropa yang telah memasuki leg pertama babak 16 besar. Lawan yang harus dihadapi adalah peringkat dua klasemen sementara Bundes Liga Jerman, VFL Wolfsburg yang musim ini sedang naik daun.

Kota Wolfsburg sendiri terletak tidak jauh dari tempat tinggal saya Hannover, yang sama-sama berada di negara bagian Niedersachsen. Maka sebagai Interisti sejati sudah harga mati untuk menyaksikan bahkan mendukung langsung klub kebanggan kami ini. Jika biasanya hanya lewat layar kaca, sekarang Inter yang datang mengunjungi di Jerman, kesempatan yang sayang untuk disia-siakan.

Tiket Pertandingan

Satu minggu sebelum pertandingan saya sudah memesan tiket lewat Online-Tiketshop di websitenya VFL Wolfsburg yaitu www.vfl-wolfsburg.de. Harga bervariasi mulai dari 10€ sampai 50€ tergantung kategori pertandingan dan posisi tempat duduk. Saya memilih tempat duduk di Blok 39 (Wölfikurve) yang khusus disediakan untuk pendukung tim tamu, bersama ultras Curva Nord Milano (Suporter fanatic Inter Milan).

Denah stadion Volkswagen Arena Wolfsburg

Denah Volks Wagen Arena Wolfsburg

Tiket seharga 19€ ditambah biaya pengiriman 3€, jadi total 22€ yang saya bayar menggunakan kartu kredit. Menurut email yang mereka kirimkan, tiket akan tiba beberapa hari kemudian lewat pos. Tetapi setelah satu minggu sampai hari pertandingan surat cinta yang ditunggu belum juga sampai, sayapun menelepon si petugas Ticket-service.

Petugas ini melayani dengan ramah dan top abis, sayapun menceritakan situasi yang terjadi bahwa sampai saat itu tiket belum ada di tangan saya, dan akhirnya mereka memberi solusi untuk cetak ulang tiket di kantor mereka. Tidak dipungut biaya tambahan alias gratis bagi para pembeli tiket online yang sampai waktu pertandingan belum menerima kiriman surat seperti saya.

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Tiket pertandingan VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Menuju Wolfsburg

Dari Hannover Hauptbahnhof dibutuhkan waktu 57 menit menggunakan Regional Bahn sampai di Wolfsburg Hauptbahnhof. Harga normal sekali jalan sebesar 15,50€, namun dengan membeli Niedersachen Ticket seharga 23€ kita bisa melakukan mobilitas di seluruh daerah Niedersachsen selama satu hari. Niedersachsen ticket ini juga berlaku untuk transportasi dalam kota seperti S-Bahn/U-Bahn dan Bus.

Setibanya di Wolfsburg Huptbahnhof saya melanjutkan dengan berjalan kaki kira-kira 2 Kilometer (20 menit) menuju Volkswagen Arena, markasnya klub VFL Wolfsburg. Dari kejauhan kita sudah bisa melihat megahnya stadion yang didominasi lampu warna hijau terang.

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Stadion Volkswagen Arena Wolfsburg

Volks Wagen Arena

Stadion ini baru selesai dibangun pada musim gugur 2012, dengan kapasitas sebanyak 30.000 penonton. Diberi nama sesuai dengan sponsor utama yaitu perusahan mobil nasional Jerman, Volkswagen. Sebagai informasi bahwa kota Wolfsburg ini sendiri merupakan pusatnya pabrikan mobil Volkswagen, jadi tidak heran dimana-mana bisa dilihat lambang VW, termasuk nama stadion di kota ini.

Penjagaan didalam dan diluar stadion sangat ketat, berlapis-lapis sistem pengamanan diberlakukan sebelum, sementara, dan sesudah pertandingan. Aturan masuk stadion pada umumnya sama dengan stadion-stadion lain di Jerman. Jadi berdasarkan pengalaman saya menonton langsung pertandingan Hannover 96 vs Fc Bayern München di HDI-Arena, sayapun tidak membawa kamera, statis (tripot), makanan dan minuman.

Hanya berharap bahwa handphone tidak dilarang masuk sehingga setidaknya ada kenang-kenangan foto yang bisa diabadikan meskipun hanya dengan kamera smartphone.Ya, dan ternyata memang benar penonton diizinkan membawa handphone, beruntung kejadian di Hannover tidak terulang lagi. Apa sih artinya menyaksikan pertandingan tim favorit tanpa ada bukti foto. Masih ingat kan tren beberapa waktu lalu bahwa no photo = hoax, hahaha.

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Kenang-kenangan di pinggir lapangan

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Dukungan dari pinggir lapangan untuk Presiden Erick Thohir

Suasana di dalam stadion

Dua jam sebelum kick-off penonton sudah diperbolehkan memasuki tribun. Saya masuk dan menempati tempat duduk dimana suasana masih belum terlalu ramai. Jadi punya kesempatan beberapa saat untuk observasi, lihat-lihat, dan tentu saja memotret sudut demi sudut stadion modern ini.

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Volks Wagen Arena Wolfsburg

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Tribun barat Volks Wagen Arena Wolfsburg

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Tribun barat Volks Wagen Arena Wolfsburg

Sangat salut dengan ketertiban supporter di Jerman, sehingga jarak antara penonton di tribun dengan pemain di lapangan sangat dekat, hanya dibatasi papan reklame dan space kecil untuk fotografer. Dengan kata lain, penonton yang duduk tepat di belakang jaring bisa berbincang-bincang dengan penjaga gawangnya. Asalkan jangan sampai keasikan ngegosip terus si penjaga gawang lupa kembali ke posisinya. Hahaha

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Jarak tribun penonton dan pemain di lapangan sangat dekat

Suasana tiba-tiba bergemuruh ketika sang legenda Inter, mantap kapten tim Javier Zaneti berjalan di pinggir lapangan memberikan salam kepada supporter. Berkali-kali Zanetti melambaikan tangan dan melompat bersama membakar semangat para Tifosi. Begitu juga ketika para pemain melakukan pemanasan, seakan tidak percaya bahwa saya hanya berjarak beberapa meter dengan pemain-pemain sepakbola pujaan selama ini.

Pertandingan Babak Pertama

Tempo cepat langsung dilancarkan kedua tim di awal babak pertama. Inter mendapatkan peluang di lima menit awal, memanfaatkan kelengahan pemain belakang lawan, Rodrigo Palacio yang tanpa kawalan saat menerima terobosan Mauro Icardi sukses menciptakan gol dan membawa timnya memimpin.

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

Para pemain merayakan gol Palacio

Dalam situasi tertinggal, Wolfsburg meningkatkan intensitas serangan mereka dan terus menggempur pertahanan Inter. Hanya, upaya trio Kevin de Bruyne, Andre Schurrle dan Bas Dost di depan belum maksimal dan mudah untuk dipatahkan.

Serangan balik Inter yang cepat cukup membahayakan pertahanan tuan rumah. Menit ke-21, raksasa Serie A Italia ini mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan, Xherdan Shaqiri dari sisi kiri lolos memberikan umpan tarik, namun bola yang disambar Icardi belum menuju sasaran.

Usaha Wolfsburg untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-28, berawal dari sepak pojok akurat De Bruyne, bola meluncur tepat ke tengah dan langsung disambut dengan tandukan tajam Naldo yang meluncur deras ke gawang Inter.

Dua menit menjelang waktu normal paruh pertama permainan berakhir, pasukan Dieter Hecking mendapat kans untuk berbalik unggul, hanya saja sepakan keras Vieirinha bisa diamankan Juan Carrizo. Hingga turun minum, skor imbang dicatatkan kedua tim.

Pertandingan Babak Kedua

Ritme permainan sepanjang babak pertama tetap dijaga kedua kubu selepas jeda pertandingan. Perubahan strategi dilakukan Wolfsburg dengan memainkan Christian Trasch yang masuk menempati posisi peninggalan Schurrle.

Inter mendapat peluang matang untuk kembali memimpin di menit ke-56, duet Icardi dan Palacio benar-benar merepotkan pertahanan wakil Jerman tersebut. Hanya saja, Palacio yang di dalam kotak penalti kurang tenang mengeksekusi bola, yang kemudian tipis menyamping.

Tak berselang lama, momentum justru didapat Wolfsburg dan kali ini De Bruyne tak membuang kesempatan yang ada. Menit ke-63, gelandang asal Belgia itu mampu membobol gawang Carrizo selepas meneruskan umpan tarik matang yang diberikan Vieirinha.

Serangan demi serangan yang dibangun kubu Die Wolfe mampu kembali meruntuhkan tembok pertahanan Inter. Tepat pada menit ke-75, gawang anak asuh Roberto Mancini jebol untuk kali ketiga, kali ini lewat eksekusi tendangan bebash indah De Bruyne.

Tertinggal dua gol memaksa Nerazzurri untuk meningkatkan intensitas serangan, namun Wolfsburg yang unggul juga tak mengendurkan tekanan mereka. Sampai peluit panjang dibunyikan wasit, kedudukan 3-1 tetap bertahan dan tuan rumah menyegel hasil maksimal.

Are you Interisti ?

“Since the first time i choose the Black and Blue jersey i never missed every moment of INTER. Win, draw, or lose is just a result. Loyalty is etenal !!! #ForzaInter

Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan (10)

Non mollare mai

Advertisements

5 thoughts on “Nonton Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan

  1. Pingback: Gallery Foto Europa League VFL Wolfsburg vs Inter Milan | Memorabilia

  2. Rumputnya itu mulus betul dilihat dari kejauhan Kak :hehe.
    Dan euforia menonton pertandingan langsung tentunya akan sangat beda sekali jika dibandingkan menonton di dalam rumah ya :hehe.

  3. Pingback: Kein Englisch, bitte! | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s