Perhatian! besok gerhana matahari akan menyerang Jerman dan sekitarnya

Hari ini anak-anak di keluarga aupair saya sibuk merakit kacamata khusus untuk melihat gerhana matahari dengan bahan yang disediakan dari sekolah. Ya, besok tepatnya hari Jumat tanggal 20 Maret 2015 gerhana matahari akan dirasakan oleh sebagian penduduk dunia, namun yang akan paling banyak merasakan dampaknya adalah Jerman dan negara-negara lain di Eropa Utara.

Fenomena langka pada besok hari sepertinya akan menjadi gerhana terbesar yang dapat dilihat setiap 16 tahun sekali. Penasaran akan hal ini sayapun menonton berita di televisi, dan benar hampir semua program berita di Jerman membahas hal ini. Banyak kalangan yang mengkhawatirkan akan terjadi gangguan stabilitas pasokan listrik, karena memang Jerman dengan Kebijakan Energinya untuk meninggalkan listrik dari PLTA, sekarang ini sangat mengandalkan pasokan listrik dari tenaga surya.

Wow, sayapun ikut tegang karena belum pernah terbayangkan bagaimana ketika bulan menutupi matahari dan selama beberapa saat terjadi gelap gulita.

Gerhana matahari membahayakan mata

Untuk melihat fenomena gerhana matahari total, mata kita tidak boleh menatap langsung ke arah matahari yang tertutup bulan. Meskipun tentunya semua orang akan penasaran melihat fenomena aneh dimana pada siang hari bolong terjadi suasana “malam” karena cahaya matahari tertutup oleh bulan, namun justru “kegelapan dalam siang hari” ini yang dapat membuat mata kita celaka.

Bagi astronom terutama pengamat bintang, fenomena gerhana matahari menjadi fenomena astronomi yang spektakuler. Namun ini bukan berarti masyarakat awam (amatiran) tidak memiliki hasrat yang besar untuk menyaksikan fenomena alam ini, karena kita pasti ingin mengalami secara langsung maupun untuk mendokumentasikan fenomena langka ini.

Tapi sekali lagi ingat, Melihat gerhana matahari secara langsung dapat mengakibatkan kebutaan! Setidaknya itu yang saya baca di Koran dan nonton di televisi.

Selfie dengan gerhana matahari akan berakibat fatal

Mengutip laporan The Telegraph, berfoto selfie saat gerhana matahari total bisa mengakibatkan kerusakan pada mata.

Daniel Hardiman-McCartney dari College of Optometrists di Inggris mengatakan, mengambil foto menggunakan iPhone atau kamera biasa sama bahayanya dengan melihat matahari secara langsung dengan mata telanjang, yaitu mampu membakar retina mata dan berujung pada kebutaan. Walau menggunakan pelindung seperti kacamata hitam, belum cukup untuk melindungi mata dari kerusakan.

Jika bersikeras ingin berfoto selfie, disarankan menggunakan kacamata khusus yang bisa menghalang sinar matahari berbahaya dan mencegah penyakit mata makula, yakni kerusakan pada inti retina akibat radiasi matahari.

Tak ada sistem aman untuk melihat gerhana secara langsung. Tapi, melihatnya dari video atau foto di ponsel tidak menimbulkan bahaya,” terang McCartney yang saya kutip dari berita online CNN. Bahkan menggunakan teleskop atau binokular sekalipun sangat tidak disarankan karena masih memiliki risiko tinggi.

Penasaran dengan apa yang akan terjadi saat gerhana matahari hari Jumat besok ? tunggu postingan selanjutnya.

-UPDATE!!! Sonnenfinsternis (Gerhana Matahari) Hebohkan Jerman

Advertisements

3 thoughts on “Perhatian! besok gerhana matahari akan menyerang Jerman dan sekitarnya

  1. Pingback: Sonnenfinsternis (Gerhana Matahari) Hebohkan Jerman | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s