EKSKLUSIF (2) Kronologi setelah jatuhnya Airbus A320 milik maskapai Germanwings

Hingga saat saya menulis postingan ini, televisi Jerman masih terus secara intensif membahas tentang kecelakaan pesawat Airbus milik Germanwings di pegunungan Alpen Perancis. Kurang lebih setiap 10 menit para reporter melalui Breaking News melaporkan secara langsung dari tempat kejadian maupun dari kantor-kantor otoritas yang terkait dengan kecelakaan yang terjadi Selasa kemarin.

Saya masih mencoba untuk menuliskan kronologi berita-berita utama di Jerman sejak terjadinya kecelakaan. Sumber tulisan ini dikumpulkan dari beberapa situs online berbahasa Jerman dan kemudian saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia untuk menggambarkan kepada teman-teman sekalian betapa tragedi kecelakaan pesawat ini menjadi duka yang mendalam bagi segenap rakyat Jerman, Spanyol bahkan pun Perancis.

Sebelumnya saya sarankan untuk membaca bagian pertama yaitu Eksklusif (1) Kronologi setelah jatuhnya Airbus A320 milik Germanwings. Berikut ini lanjutannya :

Pukul 13:48: Pihak berwenang kini menegaskan bahwa pesan terakhir yang diterima dari pesawat Germanwings yang jatuh adalah kata-kata darurat, darurat“. Hal ini disampaikan lewat tweet AirLive.net.

Pukul 13:54: Foto pertama dari petugas penyelamat yang muncul di Twitter. Wilayah di mana pesawat itu jatuh, sangat sulit diakses.

Pukul 14:03: Layanan meteorologi terbesar di Perancis “METEO-France” dan “La Chaine METEO” mengumumkan bahwa cuaca saat itu sangat kecil sekali kemungkinannya berpengaruh dalam penerbangan sehingga mengakibatkan kecelakaan. “Kondisi saat itu sangat optimal bahkan dengan cuaca kering dan langit benar-benar terbuka pada pagi hari,” katanya, Selasa sore di situs “La Chaine METEO”. Angin lemah dan tidak ada awan yang berbahaya.

Pukul 14:11: Di Barcelona, landasan pacu bandara telah diselidiki. Tidak ada bukti kesalahan di awal penerbangan 4U9525.

Pukul 14:15: Pihak berwenang Jerman tidak memiliki bukti keterlibatan terorisme sebagai penyebab kecelakaan pesawat ini.

Pukul 14:16: Menurut CNN” helikopter pertama telah bergerak ke arah lokasi kecelakaan.

Pukul 14:30: Kanselir Jerman Angela Merkel memberikan pernyataan tentang kecelakaan A320. Merkel memberikan empati yang mendalam kepada kerabat dan keluarga penumpang yang menjadi korban. Dia mengatakan bahwa otoritas Perancis telah memberikan dukungan penuh. Kecelakaan pesawat Jerman dengan lebih dari 140 orang di dalamnya adalah sebuah kejutan, dan mereka di sini (Jerman Perancis dan Spanyol) turut merasakan duka yang mendalam,” kata Merkel. Mereka menyatakan bahwa tidak ada banyak informasi tentang penyebab kecelakaan itu. Setiap spekulasi dikesampingkan.”

Pukul 14:36: Saya pikir inu membutuhkan satu bulan sampai kita tahu rincian lebih lanjut tentang penyebab kecelakaan,” kata analis penerbangan Thomas saquer dari perusahaan konsultan Frost & Sullivan. Mungkin itu sedikit lebih cepat, jika Anda dapat langsung menemukan kotak hitam.” Untuk maskapai terbesar di Eropa kecelakaan itu mungkin kecelakaan terburuk dalam sejarah.

Pukul 14:37: Sekarang sudah ada lebih banyak foto dari tim penyelamat yang sedang dalam perjalanan mereka ke tempat kejadian.

Pukul 14:39: Dalam daftar penumpang juga terdapat 16 siswa dan dua guru dari Joseph-König-Gymnasiums. Menurut laporan mereka baru saja melaksanakan pertukaran siswa di Llinars del Valles dekat Barcelona.

Pukul 14:56: Maskapai penerbangan Perancis, Air France telah menyatakan belasungkawa terhadap kecelakaan pesawat Airbus Germanwings di Perancis selatan. “Belasungkawa yang sedalam-dalamnya untuk semua penumpang penerbangan 4U9525 Germanwings dan keluarga dan teman-teman mereka,” tulis CEO Alexandre de Juniac dan Air France CEO Frédéric Gagey di akun Twitter.

Pukul 15:00: Secara resmi dilaksanakan Konferensi pers oleh Germanwings.

Pukul 15:05: Menurut informasi resmi dari Germanwings, pesawat sebelumnya telah meninggalkan Düsseldorf pada pagi hari jam 6.48 dan mendarat tepat waktu pada pukul 08:27 di Barcelona. Germanwings dalam kesempatan ini menegaskan sekali lagi jumlah penumpang. Di antara para penumpang terdapat dua orang bayi. A320 telah mencapai 38.000 kaki pada pukul 10:35 dan satu menit kemudian mengarah turun. Penurunan berlangsung selama 8 menit. Kontak dengan radar Perancis diakhiri pada ketinggian 6.000 kaki. Pesawat ini kemudian mengalami kecelakaan.

Pukul 15:07: Pada musim panas 2013, pesawat Airbus A320 ini menjalani pengecekan besar terakhirnya. Kapten sudah bekerja selama satu dekade dengan maskapai ini dan memiliki 6.000 jam terbang.

Pukul 15:08: Sebuah tim gabungan dari Lufthansa dan Germanwings sedang dalam perjalanan menuju ke lokasi kecelakaan.

Pukul 15:10: Mengapa pesawat menurunkan ketinggian terbangnya, dari pihak Germanwings belum bisa memberikan informasi dan keterangan apapun. Tidak ada kelainan pada mesin.

Pukul 15:11: Kami berasumsi bahwa 67 warga Jerman berada dalam pesawat,kata Thomas Winkelmann, CEO Germanwings. Jumlahnya bisa berubah, daftar penumpang harus disesuaikan.

Pukul 15:19: Pihak Germanwings menegaskan bahwa tidak ada perintah sama sekali dari menara kontrol untuk menurunkan ketinggian terbang.

Pukul 15:26: Tentara Perancis telah mengepung daerah sekitar jatuhnya pesawat antara Digne dan Barcelonnette untuk awal penyelidikan. Lokasi kecelakaan berada di sekitar 1.500 meter di atas permukaan laut, beberapa kilometer dari Le Vernet di Lembah Blanche. Polisi telah mengkonfirmasi bahwa semua penumpang Airbus yang jatuh sudah mati.

Pukul 15:28: Dengan satu menit mengheningkan cipta, Majelis Nasional telah memperingati korban kecelakaan pesawat dalam pertemuan Parlemen Perancis dan Parlemen Eropa.

Pukul 15:42: Pilot dan mantan pimpinan maskapai Niki Lauda mengatakan di ORF Pesawat itu naik ke ketinggian 38.000 kaki (…) Dan segera setelah ia naik, dia mulai lagi menurun. pasti ada sesuatu yang tidak beres di sana. Mengapa ketinggian terbang dikurangi, siapapun tidak bisa mengatakan sekarang, kata Lauda.

Bersambung…

Advertisements

7 thoughts on “EKSKLUSIF (2) Kronologi setelah jatuhnya Airbus A320 milik maskapai Germanwings

  1. Pingback: EKSKLUSIF (1) Kronologi setelah Jatuhnya Airbus A320 milik maskapai Germanwings | Memorabilia

  2. Astaga… sedih membaca bagian yang ternyata sudah dikonfirmasi bahwa tidak ada yang selamat. Semoga keluarga korban dan pemerintah kedua negara mampu melewati cobaan besar ini, dan bisa mengambil hikmah serta pelajaran darinya. Semoga juga kecelakaan seperti ini tidak terjadi lagi di masa mendatang :(.
    Mudah-mudahan kotak hitamnya bisa ditemukan, jadi ketahuan kecelakaan ini penyebabnya apa! :huhu.

  3. Pingback: EKSKLUSIF (3) Kronologi setelah Jatuhnya Airbus A320 milik maskapai Germanwings | Memorabilia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s