EKSKLUSIF (3) Kronologi setelah Jatuhnya Airbus A320 milik maskapai Germanwings

Tragedi kecelakaan pesawat Airbus A320 milik maskapai penerbangan Germanwings yang merupakan anak perusahan dari Lufthansa pada hari Selasa tanggal 24 Maret kemarin masih menjadi berita utama semua media cetak maupun elektronik Jerman hingga Rabu pagi hari ini. Lokasi kejadian yaitu di Pegunungan Alpen dekat daerah Digne wilayah teritorial negara Prancis, masih menyimpan tanda tanya penyebab kecelakaan.

Postingan ini adalah lanjutan dari kronologi setelah kecelakaan terjadi. Dua bagian sebelumnya dapat dilihat di: Ekslusif (1) dan Ekslusif (2). Sumber tulisan ini dikumpulkan dari beberapa situs online resmi berbahasa Jerman dan kemudian saya terjemahkan ke Bahasa Indonesia untuk menggambarkan kepada teman-teman sekalian betapa tragedi kecelakaan pesawat ini menjadi duka yang mendalam bagi segenap rakyat Jerman, Spanyol bahkan pun Perancis.

Pukul 15:50: Tim penyelamat jatuhnya pesawat Germanwings akan membutuhkan waktu beberapa hari, kata seorang pejabat.

Pukul 16:06: Vladimir Putin telah mengirimkan ucapan belasungkawa kepada Kanselir Jerman Angela Merkel dan keluarga korban. Putin juga menyampaikan simpatinya kepada Raja Spanyol Philip VI. “Rusia juga merasakan kesedihan mereka yang telah kehilangan orang yang dicintai dalam tragedi ini,” kata Putin.

Pukul 16:02: Terdapat kemungkinan ada penumpang yang selamat. David Galtier mengatakan melalui pemancar Frande: Kebutuhan yang paling mendesak adalah untuk memulihkan korban secepat mungkin, kita (mungkin) telah melihat tubuh yang bergerak.”

Pukul 16:29: Menteri Luar Negeri Steinmeier dan Menteri Transportasi Dobrindt sudah dalam perjalanan mereka ke tempat kecelakaan.

Pukul 16:35: Sementara itu muncul gambar pertama yang dirilis dari lokasi kecelakaan.

Foto dari lokasi kecelakaan pesawat Germanwings

Foto dari lokasi kecelakaan pesawat Germanwings

Pukul 16:44: Untuk mengenang korban dalam kecelakaan pesawat naas ini tim nasional Jerman akan mengenakan ban hitam pada lengan juga mengheningkan cipta pada pertandingan persahabatan melawan Austaria hari rabu nanti. Hal ini disampaikan oleh Presiden DFB Wolfgang Niersbach disela-sela kongres UEFA di Wina.

Pukul 16:47: Pernyataan dari Gedung Putih Washington DC Amerika Serikat: Tidak ada bukti bahwa serangan teroris telah menyebabkan jatuhnya A320, kata seorang juru bicara.

Pukul 16:55: Menurut MEP Perancis bahwa pesawat Germanwings yang mengalami kecelakaan sepenuhnya hancur menjadi puing-puing. Pesawat ini benar-benar hancur,” tulis Christophe Castaner, wakil AlpesdeHauteProvence di Twitter. Dia telah terbang di atas lokasi kecelakaan bersama dengan Menteri Dalam Negeri Bernard Cazeneuve. Gambar mengerikan gunung ini. Ini tidak lain hanyalah puing-puing dan mayat.

Pukul 17:02: Kota kecil di Spanyol bernama Llinars del Valles merasakan duka yang mendalam. Kota di dekat Barcelona itu baru saja menjamu 16 siswa dari Northrein Westfallen sebagai pertukaran pelajar. Mereka menjadi bagian dari penumnpang pesawat Germanwings yang berniat untuk kembali pulang ke Jerman. Keluarga tempat para siswa ini menginap selama menjalani program pertukaran pelajar sempat mengantar keberangkatan mereka sampai di stasiun pada pagi hari. kata juru bicara pemerintah kota, Josep Aixandri. “Dari sana, mereka naik kereta api ke bandara Barcelona.”

Kotak hitam pesawat Germanwings ditemukan

Pukul 17:08: laporan media Prancis, bahwa kotak hitam dari pesawat yang jatuh telah ditemukan:

Pukul 17:12: Industri penerbangan Jerman merespon dengan sangat kecewa terhadap kecelakaan pesawat Germanwings. “Kabar buruk yang datang dari tenggara Perancis ini sangat membuat kami terguncang” ungkap presiden asosiasi industri transportasi udara (BDL), bandara (ADV) dan maskapai penerbangan (BDF), Klaus-Peter Siegloch, Michael Kerkloh dan Ralf Teckentrup. “Kami masih belum tahu apa yang terjadi. Tapi Keluarga dan teman-teman dari para penumpang dan awak pesawat 4U9525 harus mengetahui bahwa dalam masa-masa sulit itu kami turut berbelasungkawa yang sedalam-dalamnya,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Pukul 17:13: Surat kabar Le Dauphinemerilis gambar baru dari lokasi kecelakaan. Asap putih masih mengepul dari lokasi kecelakaan.

Pukul 17:19: Kepolisian Perancis membuat zona larangan terbang di sekitar titik jatuhnya pesawat Germanwings. Dilarang keras melakukan penerbangan diatas lokasi kecelakaan, seperti yang juga disampaikan oleh Tentara Nasional Perancis melalui Twitter.

Pukul 17:26: Menurut Menteri Dalam Negeri Perancis bahwa sampai saat ini telah dikerahkan 300 petugas pemadam kebakaran, 300 tentara nasional dan sepuluh helikopter dan jet tempur untuk penyelamatan maupun evakuasi.

Pukul 17:39: Semua stasiun televisi di Jerman merubah jadwal tayang program mereka dengan liputan khusus juga diskusi mengenai kecelakaan pesawat ini.

Pukul 17:42: Pihak maskapai Germanwings kembali akan menggelar keterangan pers pada pukul 18.30 di Leonardo Hotel Cologne / Bonn Airport.

Pukul 18:21: Surat kabar Perancis Le Figarotelah merilis video pertama dari lokasi kecelakaan.

Pukul 18:44: Baru saja dimulai konferensi pers kedua dari pihak maskapai Germanwings. Kepala maskapai, Thomas Winkelmann mengatakan bahwa ia masih belum bisa memberikan daftar nama-nama penumpang.

Pukul 18:46: Winkelmann juga menjelaskan bahwa selain ahli dari Perancis dan teknisi dari Airbus, Lufthansa dan Germanwings juga berada di tempat kejadian untuk mencari penyebab kecelakaan itu sesegera mungkin. Menurut seorang wartawan dari saluran N24, evakuasi terkendala kondisi yang gelap dan hujan salju ringan, bagaimanapun membuat evakuasi sulit dilakukan. Evakuasi juga dapat memakan waktu beberapa minggu.

Pukul 18:50: Konferensi pers yang kedua dari pihak Germanwings berlangsung hanya beberapa menit, para wartawan tidak bisa mengajukan pertanyaan. Tapi Winkelmann mengumumkan untuk tampil di hadapan pers lagi pada Rabu pagi.

Pukul 19:17: Menurut Menteri Dalam Negeri Prancis bahwa kotak hitam pesawat yang sudah ditemukan dapat dievaluasi malam hari itu.

Pukul 19:47: Setelah kecelakaan pesawat Germanwings pada rute Barcelona Dusseldorf, maskapai ini akhirnya membatalkan penerbangan dari Madrid ke Dusseldorf melalui pemberitahuan singkat. Penumpang yang penerbangannya dibatalkan disediakan hotel untuk menginap.

Pukul 19:49: Spanyol menyatakan kondisi berduka secara nasional selama tiga hari. Ini diumumkan oleh Wakil Perdana Menteri Soraya Saenz de Santamaria. Dia juga mengatakan bahwa Spanyol akan berpartisipasi dalam penyelidikan untuk mengklarifikasi penyebab bencana. Jumlah pasti korban Spanyol bencana belum bisa dipastikan. Sejauh ini hanya diketahui bahwa mereka menjadi bagian dari 45 penumpang dengan nama keluarga Spanyol.

Pukul 20:31: Presiden AS Barack Obama menyampaikan pesan belasungkawa yang sedalam-dalamnya kepada para korban dan keluarnya. Dia menggambarkan kecelakaan itu sebagai “peristiwa tragis karena mengakibatkan kematian begitu banyak anak-anak.” 

Pukul 20:40: “Spiegel online” melaporkan bahwa beberapa kru Germanwings kini menolak untuk melakukan penerbangan yang terjadwal – mungkin karena masalah keamanan. 

Pukul 20:43: Saat ini beberapa penerbangan Germanwings dibatalkan. Di Dusseldorf, Paris, Hamburg, London, Madrid, Stockholm dan Köln.

Pukul 23:04: Pihak maskapai Germanwings secara resmi menyatakan bahwa saat ini hampir semua jadwal penerbangan mereka dibatalkan. Kami benar-benar memiliki beberapa pembatalan penerbangan di Dusseldorf dan Stuttgart karena awak tidak mau untuk terbang, jadi dinyatakan tidak layak terbang,” kata CEO maskapai Thomas Winkelmann.

Saya akhiri liputan tentang situasi yang berkembang di Jerman pasca terjadinya kecelakaan maut pesawat Airbus milik maskapai penerbangan Germanwings sampai pada hari Selasa, 25 Maret tengah malam.

Berikut beberapa intisari berita yang beredar setelah kejadian ini (Eksklusif libertymr.com) :

  • Pesawat Germanwings A320 jatuh di Perancis
  • Kontak dengan pilot terhenti pada pukul 10:53
  • 150 orang tercatat sebagai penumpang penerbangan dengan nomor 4U9525
  • Kecelakaan terjadi di Prads-Haute-Bléone Perancis
  • Secara resmi dinyatakan tidak ada penumpang selamat
  • 67 warga negara Jerman menjadi korban
  • Diantara para penumpang yang menjadi korban terdapat 16 siswa dan dua orang guru
  • Kotak hitam pesawat telah ditemukan
  • Penyebab kecelakaan dan data resmi penumpang yang menjadi korban belum diketahui
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s